Kamis 07 Oct 2010 03:42 WIB

McLaren Diplot Gantikan Capello?

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Steve McLaren
Steve McLaren

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Anda tentu masih ingat Steve McLaren? Pelatih yang pernah menorehkan sejarah buruk pada sepak bola Inggris ketika gagal mengantar The Three Lions ke putaran final Piala Eropa 2008. McLaren dikabarkan akan kembali mengisi kursi pelatih tim nasional Inggris yang akan ditinggalkan Fabio Capello dua tahun mendatang.

Capello sudah memastikan akan meninggalkan kursi pelatih The Three Lions setelah Piala Eropa 2012 berakhir. Meski masih tersedia waktu cukup panjang, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sepertinya tidak mau menyia-nyiakan waktu yang ada untuk mulai mencari pengganti pelatih asal Italia itu. McLaren merupakan salah satu nama yang dipertimbangkan FA.

McLaren yang dipecat sebagai pelatih Inggris tiga tahun lalu merantau ke Belanda untuk mengarsiteki FC Twente. Karir mantan asisten Sir Alex Ferguson itu cemerlang lagi setelah sukses mengantar Twente menjuarai liga musim 2009/2010.

Setelah berjaya di Belanda, McClaren hijrah ke Jerman untuk menangani Wolfsburg. Kesuksesan pelatih berusia 49 tahun itu pun membuat Inggris berencana memberinya kesempatan kedua.

"Bila dia melanjutkan kesuksesannya, saya yakin namanya akan masuk dalam pertimbangan. Bila Anda pikir sekarang dia sudah lebih berpengalaman sekarang dan banyak belajar, mengapa tidak? Saya tidak akan mengabaikan siapapun. Steve sudah melakukan pekerjaan luar biasa untuk memenangi gelar," kata Direktur pengembangan sepakbola FA, Trevor Brooking.

McClaren mencatat persentase kekalahan terburuk di antara para pelatih Inggris sepanjang masa. Dia membuat Inggris menelan lima kekalahan dari 18 pertandingan atau 28 persen. Namun, Brooking percaya pengalaman McLaren di kancah Eropa membuatnya lebih siap dibandingkan ketika mengambil alih kursi pelatih dari Sven Goran Eriksson pada 2006.

"Bila Anda meraih sukses, ini adalah saat yang tepat. Bila Anda menanyakan pada Steve, dia mungkin menginginkan pengalaman lebih. Itu sebabnya dia berkiprah di luar negeri dan beradaptasi dengan baik. Yang pasti kami ingin pelatih dari Inggris," kata Brooking.

Selain McLaren, FA juga sedang mempertimbangkan nama-nama lain yang juga merupakan pelatih dari dalam negeri, seperti Harry Redknapp, Sam Allardyce, dan Roy Hodgson.

sumber : the sun
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement