Senin 08 Nov 2010 11:39 WIB

Lorenzo Catat Rekor Pengumpulan Poin MotoGP

Jorge Lorenzo
Foto: Elshinta.com
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA--Juara dunia Jorge Lorenzo memenangi balapan terakhir MotoGP musim ini di Valencia, Ahad (7/11), untuk meraih kemenangan kesembilan sepanjang tahun ini. Ia juga mencatat rekor perolehan poin, yakni 383.

Pebalap asal Spanyol, yang memastikan gelar juara dunianya bulan lalu, melewati rekor sebelumnya, 373, yang dicatat Valentino Rossi saat pebalap asal Italia itu merebut gelar juara pada 2008.

Lorenzo masih bisa selamat dari pertarungan dengan Marco Simoncelli saat dia hampir tergelincir dari lintasan dan berhasil menyalip Casey Stoner yang memulai balapan dari posisi terdepan.

Pembalap Yamaha berusia 23 tahun itu mencapai finish dengan meyakinkan, di depan pembalap Australia Stoner, yang berkompetisi untuk terakhir kalinya dengan motor Ducati sebelum pindah ke Honda.

Juara bertahan, Rossi, finish di urutan ketiga pada balapan terakhir bersama Yamaha setelah tujuh musim yang sukses. Ia memeluk motornya di sisi lintasan setelah balapan tersebut. Dia pindah ke Ducati untuk balapan musim mendatang.

Pebalap Spanyol Dani Pedrosa finish di posisi ketujuh, yang sudah cukup untuk menempatkan dia sebagai 'runner-up' dalam kejuaraan dunia, di depan Rossi.

Lorenzo tampil sebagai juara dengan 383 poin, Pedrosa di posisi kedua dengan 245 poin, dan Rossi di posisi ketiga dengan 233 poin.

Pebalap Cheska Karel Abraham memenangi balapan Moto 2, mengungguli pebalap Italia Andrea Iannone dan pebalap Spanyol Julian Simon, yang mengamankan posisi kedua, di belakang sang juara Toni Elias. Pembalap Spanyol Elias kecelakaan pada putaran terakhir.

Spanyol melengkapi gelar juara dunia, saat Marc Marquez menjadi juara kelas 125cc setelah mencapai finish di posisi keempat dalam balapan kali ini. Pembalap Inggris Raya Bradley Smith mencapai finish di posisi pertama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement