Sabtu 13 Nov 2010 05:29 WIB

Deltras Antisipasi Kecepatan Persiba

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
logo Deltras Sidoarjo
logo Deltras Sidoarjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Delta Putra Sidoarjo (Deltras) akan meredam kecepatan para pemain Persiba Balikpapan saat kedua tim berhadapan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (13/11), dalam lanjutan Liga Super Indonesia.

Deltras tidak ingin dipermalukan di kandang sendiri dan bertekad menutup libur kompetisi dengan kemenangan. Deltras baru akan bermain 8 Januari 2011 menghadapi Pelita Jaya. “Persiba punya akselerasi tinggi. Anak-anak jangan sampai lengah menutup pergerakan mereka,” kata Nus Yadera, asisten pelatih Deltras.

Nus menyebut Aldo Bareto sebagai ancaman bagi lini pertahanan Deltras. Meski belum menemukan ketajamannya seperti ketika memperkuat Bontang FC musim lalu, kehadiran Aldo memberikan ruang bagi para pemain dari lini kedua Persiba untuk mencetak angka. “Kami siap mengantisipasi terutama sayap mereka. Kita harus merebut tiga poin karena akan libur panjang setelah ini,” kata Nus.

Deltras mengakhiri tiga laga tanpa kemenangan dengan menekuk PSM Makassar 2-0 akhir pekan lalu. Laga ini diwarnai insiden dihentikannya pertandingan di menit ke-88 karena para pemain PSM tinggal tersisa enam orang di lapangan akibat kartu merah dan cedera. Jika mampu memetik tiga poin, Deltras yang saat ini berada di posisi tujuh dengan nilai 13 akan melonjak ke posisi tiga klasemen sementara.

Deltras akan mengandalkan trio penggedor, yaitu Danilo Fernando, Marcio Souza, dan Cristiano Lopes. Selain mulai kompak, ketiga pemain ini didukung skill dan determinasi tinggi.

Lini depan Deltras menjadi perhatian Pelatih Persiba, Junaidi. Menurut Junaidi, para striker The Lobsters, julukan Deltras, bermain agresif jika tampil di kandang. Untuk meredamnya, Junaidi sudah menyiapkan berbagai strategi, diantaranya memasang empat pemain bertahan dan memberikan penjagaan khusus terutama kepada Danilo dan Marcio. Bukan hanya piawai mencetak gol, keduanya dinilai memiliki kemampuan untuk menciptakan peluang bagi rekan-rekannya.

“Aksi kedua pemain itu yang membuat Deltras mampu menaklukkan PSM. Mereka harus diwaspadai. Saya akan instruksikan pemain untuk menjaga ketat kedua pemain ini,” kata mantan pelatih Persijap ini.

Junaidi menyiapkan Rusdiansyah dan Muhammadan untuk mengawal keduanya karena Erik Setiawan tidak bisa bermain. Sedangkan Mijo Dadic akan membantu jika penjagaan Rusdiansya dan Muhammadan kurang ketat. “Danilo dan Marcio tidak boleh masuk ke kotak penalti dengan mudah,” ucap Junaidi.

Tidak hanya fokus di belakang, Junaidi memberikan latihan khusus kepada lini depan dengan menempatkan Sultan Samma sebagai penyerang lubang menopang duet Eki Nurhakim dan Aldo Barreto di depan. Ini dilakukan karena Robertino Pugliara masih cedera dan kemungkinan tidak akan bermain.

Persiba akan memanfaatkan serangan lewat sayap untuk menjebol lini belakang Deltras yang diisi oleh pemain senior seperti Anang Ma’ruf dan Sugiantoro serta pemain asing Steven Lewis Hesketh. Persiba akan naik dua tangga ke posisi delapan jika mampu mencuri tiga poin. Namun jika hanya mampu bermain imbang atau kalah, Beruang Madu, julukan Persiba tetap terpaku di posisi sepuluh.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement