Selasa 07 Dec 2010 22:32 WIB

Wow, Junta Militer Myanmar Pernah "Ngiler" Beli Manchester United

Logo Manchester United
Logo Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Klub raksasa sepakbola Inggris, Manchester United, memikat banyak orang, termasuk pimpinan junta militer Myanmar, Than Shwe. Saking bernafsunya, dia pernah berniat membeli klub itu.

Informasi itu berhasil dikuak dari bocoran file rahasia AS di situs Wikileaks.  Sebuah kabel dikirim dari Kedutaan Besar AS di Yangon ke Washington, rincian yang telah dipublikasikan di situs surat kabar harian Inggris, Guardian, mengungkapkan  komandan militer in chief Than Shwe disarankan oleh cucunya sebelum Januari 2009 untuk melihat kemungkinan pembelian MU.

Kabel mengatakan tawaran 1 miliar dolar AS berada di bawah pertimbangan sebelum membatalkan demi menciptakan sebuah liga sepak bola baru di negara itu.

Proposal ini, yang tidak pernah menjadi tawaran karena dibatalkan sebelum diajukan, didorong oleh keinginan untuk menarik perhatian dari isu-isu domestik seperti dampak Topan Nargis, yang menyebabkan sekitar 140 ribu kematian pada tahun 2008.

The Guardian mengutip kabel yang mengatakan, "Satu laporan berdasar sumber yang paling dekat dengan keluarga itu menyatakan sang cucu ingin Than Shwe menawar 1 miliar dolar AS untuk Manchester United. Namun jenderal senior (maksudnya Than Shwe) berpikir bahwa  pengeluaran (untuk pembelian itu) dapat terlihat buruk, sehingga ia memilih untuk menciptakan sebuah liga sendiri bagi Myanmar."

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement