Kamis 30 Dec 2010 02:06 WIB
Final Piala AFF

Timnas Malaysia Dipesan Agar Jangan Terintimidasi Suporter Indonesia

Pelatih Tim Malaysia K Rajagobal
Foto: AFF
Pelatih Tim Malaysia K Rajagobal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Di tengah persiapan dan latihan yang terbatas, Timnas Malaysia berhitung mundur menjelang laga nanti malam. Tak banyak petuah, pelatih Rajagobal hanya meminta anak asuhnya berkonsentrasi pada pertandingan dan bersikap optimis. Ia mengatakan, tanpa menyarangkan bola di gawang Indonesia pun, asal gawang terjaga (tak kemasukan bola dari Indonesia), Malaysia bisa memenangi Piala AFF.

"Memang, kita datang ke sini bukan untuk draw. Jika kita bisa dapat satu gol atau lebih, itu akan lebih baik," ujarnya.

Tekanan terhadap Tim Malaysia diakuinya cukup tinggi. Ada kekhawatiran pembalasan oleh para penggemar Indonesia terhadap perilaku suporter Malaysia. "Hal ini (tekanan) sudah keluar dari proporsi dan kita harus menggambarkan sportivitas. Ketika mereka kalah, mereka tidak membuat alasan," katanya.

Rajagopal menambahkan bahwa pelatih Indonesia Alfred Rield secara profesional  mengatakan bahwa titik balik pertandingan leg pertama adalah kesalahan dari bek, yang mengakibatkan Malaysia mencetak gol pertama melalui Safee Mohd Sali di menit ke-60.

"Dia (Riedl) tidak memberikan alasan untuk kekalahan. Sama seperti kita  1-5 (pada pertandingan pembukaan grup di Stadion Gelora Bung Karno pada 1 Desember)," tambahnya. "Aku menerimanya dan mengambil kekalahan berat itu seperti yang semestinya dilakukan laki-laki," katanya.

Dia berharap semua pihak menempatkan masalah pada proporsinya dan membiarkan dua tim  memainkan permainan untuk menentukan juara Asean. "Mari kita fokus pada permainan. Ini semua tentang games dan saya berharap tak ada gangguan dari luar," kata Rajagobal.

Malaysia pada leg kedua ini kehilangan dua pemainnya. Gelandang Mohd Amirulhadi Zainal dan bek kanan  Mahali Jasuli tak ikut bertanding. Diakuinya, tanpa dua andalan ini, mereka akan cukup berat.

"Kami  memiliki opsi lain untuk bermain dalam tim," kata Rajagobal, yang diperkirakan akan memulai dengan Mohd Ashaari Syamsuddin di lini tengah dan Mohd Sabree Mat Abu pada bek kanan.

sumber : The Star/ANN

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement