Ahad 09 Oct 2011 10:00 WIB

Libya Lolos, Nigeria Tersingkir

REPUBLIKA.CO.ID,JOHANNESBURG - Angola, Ghana, Guinea, Libya dan Zambia lolos ke putaran utama Piala Afrika 2012. Sementara, Nigeria tersingkir setelah kemasukan gol pada menit terakhir lawan Guinea.

Gol yang dicetak Asamoah Gyan dan John Mensah menjadikan juara empat kali Piala Afrika, Ghana, menang 2-0 di Sudan. Mereka seakan sudah memastikan berada di puncak klasemen dengan mengemas 16 poin dari enam pertandingan.

Namun, semuanya menjadi berantakan ketika Guinea menjaringkan dua gol untuk menyamakan kedudukan. Ibrahima Traore menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit terakhir. Hasil imbang membuat Nigeria tidak lolos ke Piala Afrika 2012, sementara Guinea sebaliknya memastikan satu tempat di sana.

Zambia dan Libya sama-sama lolos meskipun keduanya gagal mencetak skor di kota Copperbelt Chingola. Zambia lolos sebagai juara grup. Sementara, Libya memastikan tempat dengan status runner-up grup terbaik.

Lolosnya Libya menjadi prestasi tersendiri bagi negara Afrika Utara itu. Hal ini mengingat Libya sedang dilanda peperangan antara pendukung dan anti Moammar Qaddafi.

Bahkan, Libya selama kualifikasi Piala Afrika ini hanya sekali bermain di kandang. Dua selebihnya dimainkan di Mali dan Mesir.

Sedangkan Angola menang 2-0 di Guinea Bissau berkat gol yang dicetak Manucho dan Mateus untuk memastikan keunggulan satu poin atas pimpinan klasemen sebelumnya, Uganda, yang hanya bermain imbang tanpa gol menjamu Kenya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement