Selasa 17 Apr 2012 23:21 WIB

Muamba Kembali Pulang

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Chairul Akhmad
Fabrice Muamba
Foto: AP
Fabrice Muamba

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Kabar menggembirakan datang dari Fabrice Muamba, pemain yang terkena serangan jantung pertengahan Maret silam. Awal pekan ini, gelandang Bolton Wanderers itu sudah meninggalkan rumah sakit.

Seperti dilansir laman resmi klub Bolton, Juru Bicara Pelayanan Kesehatan Nasional dari Barts Health NHS Trust sudah mengonfirmasi kabar ini. Muamba keluar dari Rumah Sakit Jantung London pada Senin (16/4).

Gelandang berusia 24 tahun itu diperbolehkan kembali ke kediamannya. “Seluruh staf berharap yang terbaik untuknya selama terus menjalani masa pemulihan,” ujar Juru Bicara Barts Health.

Muamba sendiri merasa sangat senang sudah bisa keluar dari rumah sakit. Dalam laman resmi klub, ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para staf di Rumah Sakit London. Khususnya untuk para staf medis yang membantu proses penyembuhannya. “Dedikasi, profesionalitas dan keahlian mereka sangat luar biasa dan saya selamanya akan berhutang budi,” ujar mantan penggawa timnas Inggris U-21 itu.

Sejak mengalami kolaps di White Hart Lane, markas Tottenham Hotspur, Muamba terus memperlihatkan kemajuan positif. Padahal dikabarkan ia sempat mengalami efek kematian selama 78 menit setelah terkena serangan jantung. Namun, bantuan staf medis bisa menolong keselamatan Muamba.

Selama masa penyembuhannya, Muamba terus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Baik itu dari keluarga ataupun rekan-rekannya di Bolton. Bukan hanya orang terdekat, para pemain sepakbola dari klub dan negara lain pun turut bersimpati dan memberikan dukungan untuknya. Ini sangat berarti untuk Muamba. “Terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan pesan dukungan untuk saya,” ujarnya.

Mendengar kabar ini, pelatih Bolton, Owen Coyle, ikut larut dalam kegembiraan. Coyle pun turut berterima kasih kepada staf medis yang membantu merawat pemainnya. Kini, ia berharap Muamba bisa terus memulihkan kondisinya dan kembali berkumpul bersama keluarganya. “Sangat penting bagi Muamba dan keluarganya untuk mendapatkan waktu bersama,” kata dia.

Masa depan karier sepakbola Muamba memang masih belum bisa dipastikan. Saat ini, mantan pemain Birmingham City itu lebih fokus untuk terus memulihkan kondisi kesehatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement