Ahad 24 Jun 2012 22:38 WIB

Semen Padang Juarai IPL 2011-2012

Pemain Tengah Semen Padang Esteban Viscara (kanan) berebut bola dengan pemain belakang Persiraja Banda Aceh, Gilang Angga dalam pertandingan Indonesian Premier League (IPL) di Stadion H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat, Ahad (24/6)
Foto: Antara/Syafril Ardiansyah
Pemain Tengah Semen Padang Esteban Viscara (kanan) berebut bola dengan pemain belakang Persiraja Banda Aceh, Gilang Angga dalam pertandingan Indonesian Premier League (IPL) di Stadion H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat, Ahad (24/6)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kesebelasan Semen Padang (SP) memastikan diri menjuarai kompetisi Indonesia Premier League (IPL) musim 2011-2012 setelah mengandaskan perlawanan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-1 di Stadion Haji Agus Salim Padang, Ahad (24/6).

Dengan kemenangan tersebut, tim yang berjulukan "Kabau Sirah" mengumpulkan poin 43 pada klasemen sementara, unggul 10 poin dari pesaing terdekat yakni Persema Malang dan PSM Makasar yang sama-sama mengoleksi poin 33.

Meski masih menyisakan satu pertandingan melawan Persija Jakarta pada 30 Juni, namun apa pun hasilnya tidak akan mempengaruhi posisi SP di klasemen IPL.

Bahkan Arema yang saat ini menduduki peringkat sembilan dan baru menjalani 16 pertandingan dengan poin 22 tidak mungkin melewati SP. Meski mampu menyapu bersih enam laga tersisa dengan kemenangan, poin Arema hanya 40.

Tiga gol kemenangan tim yang ditangani oleh carateker pelatih Suhatman Iman tersebut dilesakkan Ferdinand Sinaga pada menit ke-22 serta Edward Wilson Junior pada menit ke-24 dan 83. Tim tamu memperkecil ketertinggalan melalui Erik Syahputra pada masa injury time.

Bermain di kandang sendiri dan mendapat dukungan penuh dari ribuan pencinta sepak bola Ranah Minang, tim SP langsung bermain menekan.

Duet tangguh Ferdinand Sinaga dan Edward Wilson Junior serta didukung penuh lini tengah yang kuat menjadi momok bagi tim Persiraja. Buktinya dua gol lahir pada petengahan babak kedua melalui tendangan Ferdinand dan eksekusi penalti Edward Wilson.

Meskipun unggul 2-0 pada babak pertama, tidak membuat SP mengurangi serangan pada babak kedua. Adalah Edward Wilson yang kembali membuktikan sebagai salah satu pemain depan andal di kompetisi IPL. Tandukannya kembali menggetarkan jalan Persiraja pada menit 83.

Persiraja sendiri hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui kaki Eka Syahputra ada masa injury time.

"Ini kemenangan bagi seluruh masyrakat Sumbar, dan kami mengucapkan ribuan terima kasih dengan dukungan yang selama ini bagi tim," kata Manajer SP Asdian usai pertandingan.

Dikatakannya, kemenangan itu merupakan momentum untuk prestasi sepak bola Sumbar. Ini merupakan buah kerja keras semua manajemen, pelatih, pemain dan ofisial tim," ujarnya.

Ia mengharapkan SP kembali menuai prestasi pada Liga Champion Asia, dimana pada ajang itu SP akan menjadi wakil dari Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement