Ahad 15 Jul 2012 19:09 WIB

Jepang Habisi Australia 5-0

Tim sepakbola nasional Jepang U-22.
Foto: ANTARA
Tim sepakbola nasional Jepang U-22.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Jepang terlalu superior bagi Australia. Negeri Kanguru digebuk lima gol tanpa balas pada laga terakhir babak penyisihan Piala Asia U-22 Grup E, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Ahad (15/7). Kemenangan itu mengokohkan posisi Jepang di puncak klasemen, sementara Australia harap-harap cemas menunggu hasil laga Singapura kontra Indonesia.

Keran gol Jepang dibuka gelandang Notsuda Gakuto pada menit ke-18. Selanjutnya giliran Iwanami Takuya yang membawa Jepang unggul 2-0. Negeri Kanguru tak berkutik di babak pertama, sehingga pada masa perpanjangan waktu, gawang Australia kembali robek lwat Watari Daiki.

Samurai Biru menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Kendati sudah menang, tim asuhan Yoshida Yamashi itu tak mengendurkan serangan di babak kedua. Dan Natsuda Gakuto menjadi momok bagi gawang Australia. Notsuda Gakuto kembali mencetak gol kedua ke gawang Aaron Lennox.

Dan tepak pada menit ke-77, kiper Quuen Park Rangers itu harus memungut bola untuk kali kelima dari gawangnya, setelah Hirota yang masuk sebagai pemain pengganti, menutup pesta gol Jepang.

Meski kekalahan itu tak menggoyangkan the Socceroos di peringkat dua klasemen sementara. Namun, langkah mereka untuk lolos sebagai runner up Grup E sedikit terancam. Pasalnya, jika Singapuran menang atas Indonesia, Australia bakal tersingkir. Sementara peluang merebut peringkat tiga terbaik pun sudah tertutup karena Australia kalah surplus gol dari Oman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement