Kamis 02 Aug 2012 20:29 WIB

Roberto Carlos Gantung Sepatu

Roberto Carlos
Roberto Carlos

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pesepak bola Brasil yang pernah membawa negaranya memenangi Piala Dunia, Roberto Carlos, secara resmi pensiun dari sepak bola, demikian disampaikan pelatih klub Rusia, Anzhi Makhachkala, klub tempat ia bermain.

Pemain 39 tahun ini adalah salah satu dari beberapa pemain mahal yang didatangkan klub Rusia tersebut ketika ia bergabung pada Februari 2011. Namun ia tidak pernah bermain sejak Maret tahun ini. Pelatih tim, Guus Hiddink, mengonfirmasi bek kiri itu telah pensiun pada konferensi pers di Moskow pada Rabu (Kamis WIB).

"Roberto merupakan pesepak bola papan atas. Sayangnya, ia tidak lagi bermain. Semua karir seorang master berakhir pada satu titik," ucapnya, menurut tulisan yang dikutip situs resmi klub.

"Bagaimanapun, Roberto sekarang terlibat penuh dalam pengembangan Anzhi yang baru. Saya yakin ia akan berkontribusi pada pertumbuhan bukan hanya pada klub Dagestani ini, namun juga pada segenap sepak bola Rusia."

Carlos memulai karir sepak bola profesionalnya pada 1991 di Uniao Sao Joao, kemudian sempat memperkuat Palmeiras, sebelum pindah ke Eropa untuk bermain di Inter Milan pada 1995. Ia direkrut Real Madrid setahun kemudian, dan bertahan di klub raksasa Spanyol itu sampai 2007.

Sebelum bergabung dengan Anzhi, ia sempat bermain di klub Turki, Fenerbahce, dan Corinthians di Brazil.

Carlos memainkan 125 pertandingan untuk timnas Brasil, bermain pada tiga Piala Dunia, termasuk pada 1998 ketika timnya kalah dari Prancis di partai final, dan keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Ia juga dua kali membawa Brasil menjadi juara Copa America.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement