Rabu 12 Dec 2012 21:34 WIB

Kalahkan Al Ahly, Corinthians Maju ke Empat Besar Piala Dunia Klub

Klub Corinthians berhasil  meraih  Piala Libertadores
Foto: Victor R. Caivano/AP
Klub Corinthians berhasil meraih Piala Libertadores

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Raksasa Brazil Corinthians menang 1-0 atas wakil Mesir Al Ahly di babak empat besar Piala Dunia Klub di Jepang pada Rabu, untuk menuju final di mana mereka kemungkinan besar akan berhadapan dengan juara Eropa Chelsea.

Gol tunggal dari penyerang tengah Paolo Guerrero sudah cukup untuk membuat juara Copa Libertadores itu melaju, meski penampilan mereka sedikit kurang meyakinkan.

Banyak hal yang diharapkan dari juara Amerika Selatan itu, termasuk incaran Chelsea Paulinho, dan para pemain Brazil tersebut mendominasi penguasaan bola di babak pertama, dengan Al Ahly sering membiarkan lawan mereka memainkan permainan operan-operan pendek di dalam wilayah mereka.

Bagaimanapun, mereka tidak mampu mengubah penguasan bola tersebut menjadi gol sepanjang babak pertama, di mana tidak tercipta banyak peluang.

Gelandang Corinthians Douglas mendapatkan peluang pertama, tembakan pemain bernomor punggung sepuluh dari tepi kotak penalti ini masih melebar dari tiang gawang kanan kiper Sherif Ekramy di menit kesembilan.

Beberapa saat kemudian Ramy Rabia menyia-nyiakan peluang emas untuk membawa Al Ahly unggul, tandukannya melebar meski dirinya sedang tidak terkawal ketika barisan pertahanan Corinthians terlalu maju dan gagal menerapkan perangkap offside.

Raksasa Brazil ini dapat menarik nafas lega, melanjutkan dominasi penguasaan bola mereka dan pada menit ke-30 klub yang bermarkas di Sao Paulo ini memecah kebuntuan, Douglas kembali berperan dalam gol ini.

Pemain kidal ini melepaskan umpan silang sempurna ke kotak penalti yang disambut Guerrero dengan sundulan terarah ke sudut bawah, sehingga Ekramy tidak mendapat kesempatan dan membuat para pendukung Corinthians bersorak gembira.

Corinthians menekan untuk mencari gol kedua ketika gelandang Paulinho mulai mengancam area pertahanan lawan, namun gol kedua yang dinanti-nanti pada 45 menit pertama tidak kunjung hadir.

Pada babak kedua, Al Ahly berupaya keras mencari gol penyama kedudukan. Gelandang Ahmed Fathi membuang peluang terbaik ketika tembakan rendahnya hanya bersarang di jaring luar gawang Corinthians, di saat pertahanan tim Brazil ini terlihat mulai tidak nyaman.

Ketika waktu pertandingan sudah semakin sedikit, Al Ahly mulai mengirim bola-bola panjang ke kotak penalti Corinthians di setiap kesempatan, namun mereka tidak mampu menyamakan kedudukan.

Juara Amerika Selatan ini kemungkinan akan berhadapan dengan Chelsea di laga final yang berlangsung Minggu di Yokohama, namun klub Liga Utama Inggris ini pertama-tama harus menyingkirkan klub Meksiko Monterrey pada semifinal lainnya yang dimainkan Kamis.

Sebelumnya di Stadion Toyota pada Rabu, juara Liga Jepang Sanfrecce Hiroshima mengalahkan juara Liga Champions AFC Ulsan Hyundai 3-2 untuk menduduki peringkat kelima di turnamen antar benua ini.

Klub Jepang itu sempat tertinggal 0-1, namun mampu bangkit dan berbalik unggul 3-1, berkat dua gol dari penyerang Hisato Sato, sebelum kemasukan satu gol hiburan

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement