Rabu 23 Jan 2013 09:31 WIB

Empat Wasit Indonesia Berlisensi FIFA

Ketua FIFA Sepp Blatter
Foto: compasscayman.com
Ketua FIFA Sepp Blatter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat wasit sepak bola putra Indonesia mengantongi linsensi FIFA, dua orang di antaranya baru mendapatkan lisensi dari federasi sepak bola dunia pada awal 2013 ini.

Berdasarkan data yang dirilis oleh PSSI, Rabu (23/1), empat wasit yang mendapatkan lisensi FIFA itu adalah Faulur Rosy dan Retu Slamet Wijaya yang mendapatkan lisensi sejak 2011, serta Agus Fauzan Arifin dan Heru Santoso memperoleh lisensi pada 2013.

Selain wasit sepak bola putra, Indonesia saat ini juga memiliki enam asisten wasit berlisensi FIFA. Khusus 2013 ada empat asisten wasit yang mendapatkan lisensi yaitu Khalid Al Makmun, Bangbang Syamsudar, Muhammad Irham dan Rizal Mufti Ahmad.

Sebelumnya ada dua asisten wasit yang lebih dahulu mendapatkan lisensi dari FIFA Football Official Referees yaitu Ngadiman Riswanda sejak 2006 serta Edo Wiradana sejak 2011.

Untuk wasit sepak bola putri, Indonesia hingga saat ini belum memiliki wasit berlinsensi FIFA. Namun untuk posisi asisten wasit sudah ada dua yang berlisensi yaitu Mimin Mintarsih dan Wiwin Yuningsih yang keduanya mendapatkan lisensi sejak 2012.

Selain wasit sepak bola, tambahan wasit berlinsensi FIFA juga terjadi di wasit futsal. 2013 ini Indonesia mendapatkan tambahan satu wasit yang berlisensi FIFA yaitu Anas Apriliandi.

Sebelumnya baru dua wasit yang telah berlinsensi yaitu Iwan Budi Laksono sejak 2010 dan Noviandry sejak 2011. Wasit-wasit ini mempunyai hak untuk memimpin pertandingan internasional yang berada dibawah kendali FIFA.

Indonesia sebelumnya banyak memiliki wasit yang telah berlinsensi FIFA, hanya saja saat ini sudah pensiun dari jabatannya. Wasit berlisensi dan sudah masuk masa pensiun diantaranya adalah Purwanto dan Jimmy Napitupulu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement