Rabu 06 Feb 2013 10:55 WIB

Mantan Pelaku: Banyak Pemain Dunia Terlibat Pengaturan Skor

Paul Put
Foto: Reuters/Thomas Mukoya
Paul Put

REPUBLIKA.CO.ID, NELSPRUIT -- Pelatih timnas Burkina Faso, Paul Put, menyakinkan bahwa banyak pemain internasional terlihat dalam skandal pengaturan skor pertandingan. Put tidak yakin masalah pengaturan pertandingan bisa dimusnahkan dalam olahraga sepak bola.

"Anda harus terus melihat apa yang terjadi dalam sepak bola. Banyak pemain internasional yang terlibat dalam skandal pengaturan permainan," kata Put.

Pelatih asal Belgia itu juga pernah terlibat langsung dalam pengaturan pertandingan di Belgia pada 2005. Put dilarang bermain sepak bola selama tiga tahun karena terlibat dalam pengaturan pertandingan pada dua laga ketika ia bersama Lierse pada 2005.

"Ketika saya bermain sepak bola, saya melihat banyak hal. Saya kira Anda tidak akan dapat mengubah itu,'' katanya. "Pengaturan pertandingan selalu terjadi dalam laga sepak bola.''

Sekitar 680 pertandingan termasuk babak penyisihan Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa serta laga klub top Eropa di Liga Champions saat ini diidentifikasi dan diperiksa polisi Eropa, agen antikriminal Eropa Europol serta jaksa penyidik nasional.

Para investigator mengatakan sekitar 380 laga yang dicurigai terlibat skandal pengaturan skor itu berlangsung di Eropa. Sekitar 300 lainnya diidentifikasi di Afrika, Asia dan Amerika Selatan.

Pengaturan pertandingan itu juga diduga terjadi dalam berbagai kompetisi liga nasional di beberapa negara Eropa. Itu termasuk dua laga Liga Champions yang salah satunya diadakan di Inggris.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement