Selasa 19 Mar 2013 21:46 WIB

Michael Owen Pensiun Akhir Musim Ini

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Michael Owen
Foto: AP
Michael Owen

REPUBLIKA.CO.ID, STAFFORDSHIRE -- Mantan penyerang Timnas Inggris, Michael Owen bakal mengakhiri perjalanan kariernya di lapangan hijau pada akhir musim ini.

Penyerang 33 tahun itu bakal gantung sepatu sebagai pemain Stoke City, klub profesional kelima sepanjang kariernya. "Dengan kebanggan besar saya mengumumkan niat untuk pensiun dari sepak bola profesional pada akhir musim ini," ujar Owen dalam situs resminya, www.michaelowen.com, seperti dilansir Sky Sports, Selasa (19/3).

Owen adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Penyerang bertinggi 173 sentimeter itu memulai karier profesionalnya bersama Liverpool saat masih berusia 17 tahun. Meski masih belia, sinar Owen langsung cemerlang bersama The Reds.

Selama delapan musim berjersey merah milik Liverpool, ia menyumbang 158 gol dari 297 laga, dan menjadi pemain tersubur ketujuh sepanjang sejarah Liverpool.

Pada 2004 Owen hijrah ke Real Madrid, Newcastle United, Manchester United, sebelum akhirnya berlabuh bersama Stoke City. Sayangnya ketajaman Owen mendadak sirna pascamenanggalkan jersey Liverpool.

Sepanjang kariernya, Owen tampil 480 laga di berbagai kompetisi dengan koleksi 222 gol. Di kompetisi Liga Primer Inggris, ia menduduki posisi ketujuh pemain terproduktif dengan torehan 150 gol.

Kemilau Owen tidak hanya cemerlang di tingkat klub saja, di Timnas Inggris, pesona Owen menyilaukan. Ia sudah memulai debutnya bersama tim 'Tiga Singa' saat masih berusia 18 tahun 59 hari di Piala Dunia 1998. Saat itu ia menjadi pemain termuda yang mengenakan kostum senior the Three Lions.

Meski saat itu ia masih dianggap anak kecil, tapi Owen memamerkan keajaiban kakinya. Gol indahnya ke gawang Argentina yang dikawal Argentina yang dikawal Carlos Roa pada putaran kedua menjadi bukti shahih, Owen salah satu penyerang menakutkan di dunia.

Selama 89 membela Timnas Inggris, Owen mengoleksi 40 gol dan menempati posisi keempat pemain tersubur Inggris. Ia berada di bawah pemain legendaris seperti Bobby Charlton, Gary Lineker, dan Jimmy Greaves.

Owen mengaku sangat beruntung memiliki pengalaman menakjubkan sepanjang kariernya. Karenanya, ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewarnai perjalanan kariernya di lapangan hijau.

"Sekarang saya merasa ini merupakan waktu yang tepat untuk menutup tirai karier saya," ujarnya mengakhiri.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement