Jumat 19 Apr 2013 06:01 WIB

Hari Ini, Debut Manis Legenda Three Lions

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Bobby Charlton
Foto: guardian.co.uk
Bobby Charlton

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kehebatan Inggris di kancah persepakbolaan dunia tak terlepas dari peran seorang Sir Robert ''Bobby'' Charlton. Hari ini, 55 tahun yang lalu atau tepatnya 19 April 1958, penyerang legendaris Inggris itu melakoni debut internasionalnya bersama The Three Lions.

Pada laga perdananya bersama tim nasional (timnas) Inggris, usianya masih sangat muda yakni 20 tahun. Saat itu, striker legendaris Manchester United itu berkesempatan untuk membela Inggris saat berhadapan dengan Skotlandia pada laga British Home Championship yang dihelat di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.

Bobby sukses mencuri perhatian pelatih untuk memasangnya sebagai salah satu andalan lini depan Inggris pada laga itu. Kepercayaan itu pun ternyata benar-benar dimanfaatkan Bobby untuk mencetak satu gol perdananya di level internasional.

Satu gol yang dilesakkan penyerang kelahiran Ashington itu berhasil membawa the Three Lions meraih kemenangan telak 4-0 atas Skotlandia. Inggris pun akhirnya berhak menjadi juara British Home Championship pada tahun itu.

Usai laga perdana, ketajaman Bobby dalam mencetak gol semakin meningkat. Ia tercatat telah mencetak tujuh gol dalam enam penampilan bersama The Three Lions pada 1958.

Kehebatan Bobby ini pun berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Bobby sukses mengantarkan negeri Ratu Elizabeth itu meraih gelar juara Piala Dunia 1966. Capaian itu menjadi berkesan bagi Bobby karena merupakan trofi Piala Dunia pertama kalinya bagi Inggris.

Tak hanya itu, ia juga mengantarkan The Three Lions meraih medali perunggu EUFA Euro 1968 serta masuk perempat final Piala Dunia 1962 dan 1970. Kehebatannya tak cukup sampai di situ. Ia tercatat telah mencetak 49 gol dalam 106 penampilan bersama Inggris.

Karena kehebatan itulah, ia meraih berbagai gelar individu bergengsi seperti FIFA World Cup Golden Ball 1966, Ballon d’Or 1966, FWA Footballer of The Year 1965-1966, Football League 100 Legends 1998, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement