Ahad 28 Apr 2013 06:03 WIB

Hari Ini, Final FA Pertama di Stadion Wembley

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Piala FA
Foto: epltalk.com
Piala FA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kembali ke sembilan dekade lalu, pada tanggal 28 April 1923. Tepat pada tanggal itu, partai Final Piala FA digelar di stadion kebanggaan masyarakat Inggris, Stadion Wembley. Dalam partai final kompetisi tertua di dunia itu Bolton Wanderers mesti menghadapi West Ham United.

Persiapan yang dilakukan dalam menyambut laga final itu sudah dilakukan setahun sebelumnya dengan melakukan renovasi total. Setidaknya butuh dana sekitar 750 ribu pound, atau sekitar Rp 11 miliar. Dana yang cukup besar pada saat itu. Stadion itu pun sudah siap menggelar partai final Piala FA empat hari menjelang laga tersebut digelar.

Antusiasme masyarakat Inggris terhadap partai puncak Piala FA itu pun sangat tinggi. 300 ribu orang terlihat memadati Stadion Wembley itu, bahkan jauh melebihi kapasitas stadion tersebut yang hanya bisa menampung 127 ribu orang. Alhasil, para penonton pun membludak hingga teras dan pinggir lapangan. Padahal saat itu laga belum dimulai sama sekali.

Pihak kepolisian Inggris pun segera melakukan tindakan untuk mengamankan jalannya pertandingan. Beberapa polisi berkuda disiapkan untuk menembus kerumunan penonton guna mencapai lapangan. Sebuah foto berhasil mengabadikan kondisi tersebut. Seorang petugas polisi, yang bernama George Scorey, melintasi kerumunan penonton dengan menaiki kuda berwarna abu-abu.

Namun, lantaran pada masa itu foto masih berformat hitam-putih, maka kuda itu terlihat berwarna putih dan sangat mencolok dengan kondisi sekitar. Karena gambar itulah, partai final Piala FA pertama di Stadion Wembley itu juga dikenal juga dengan nama The White Horse Final.

Pertandingan final itu sendiri berlangsung antikllimaks. Baru dua menit laga berjalan, penyerang Bolton, David Jack, berhasil membobol gawang West Ham lewat sebuah tendangan keras. Bahkan, tendangan Jack itu mengenai salah satu penonton yang berdiri di belakang gawang West Ham. Penonton itu pun sempat tidak sadarkan diri.

Bolton akhirnya sukses memastikan kemenangan setelah Jack mencetak gol keduanya pada menit ke-53. Bolton pun menjadi tim yang pertama kali menjuarai Piala FA di Stadion Wembley, stadion kebanggaan masyarakat Inggris. Tradisi untuk menggunakan Stadion Wembley sebagai arena partai puncak Piala FA pun terus berlangsung hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement