Jumat 14 Jun 2013 13:32 WIB
Euro U-21

Sensasional, De Gea!

Rep: Angga Indrawan/ Red: Fernan Rahadi
David De Gea
Foto: AP/Jon Super
David De Gea

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Performa apik penjaga gawang Spanyol U-21, David De Gea ternyata mendapat perhatian dari klub yang kini diperkuatnya, Manchester United (MU). Pemilik 80 caps untuk The Red Devils itu dinilai bermain menakjubkan usai mempertahankan clean sheet di tiga pertandingan terakhirnya.

"David De Gea telah mempertahankan rekor dengan sangat sempurna, incredible," tulis Manchester United di laman resminya, Kamis (13/6).

De Gea menjadi salah satu aktor kemenangan La Rojita saat Mengungguli Belanda dengan skor telak 3-0, Rabu (13/6) dini hari WIB. Selain sukses menjaga kesucian gawangnya sepanjang fase grup, mantan kiper Atletico Madrid itu tampil berkelas dengan melakukan banyak penyelamatan gemilang dari gempuran Jong Oranje.

Sedikitnya, ada tiga penyelamatan gemilang De Gea saat menggagalkan peluang dari tiga tembakan Mike van der Hoorn, Memphis Depay dan Adam Maher pada laga tersebut. Pelatih La Rojita, Julen Lopetegui juga tak sungkan melayangkan pujian untuknya.

"David sangat sensasional," kata sang pelatih dilansir laman UEFA, selepas laga. Menurutnya, De Gea merupakan bakal bintang bersinar yang akan menjadi kebanggaan publik Spanyol.

De Gea juga mengaku puas atas performa yang dibuat ia dan rekan-rekannya. Penjaga gawang yang dikontrak MU hingga 2015 itu optimistis timnya menjadi juara. Hanya saja, sebelumnya ia cukup kecewa dengan perjalanannya di gelaran dua tahunan tersebut.

Ini lantaran ia sangat berharap bertemu rekan-rekannya di Liga Primer untuk bertemu timnas Inggris di babak semifinal. Namun seperti diketahui, The Three Lions harus pulang lebih dulu usai hasil buruk di fase grup A. "Tapi inilah sepak bola, sangat disayangkan untuk Inggris," ujarnya.

Spanyol diprediksi kuat menjadi juara turnamen yang digelar di Israel tersebut. Dengan dihuni para pemain sekelas Thiago Alcantara, Cristian Tello, Martin Montoya (Barcelona), Alvaro Morata, Nacho (Real Madrid), Iker Muniain (Athletic Bilbao), hingga Isco (Malaga), skuat La Rojita berpeluang besar mempertahankan trofi yang mereka raih pada 2011.

Spanyol sepanjang keikutsertaannya di Piala Eropa U-21, baru tiga kali membawa pulang gelar juara (1986, 1998, dan 2011). Torehan itu masih membuatnya berada di bawah Italia yang sukses mengamankan lima trofi (1992, 1994, 1996, 2000, 2004).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement