Selasa 22 Apr 2014 16:51 WIB

Hari Ini, Delapan Tahun Lalu Alan Shearer Pensiun dari Sepak Bola

Rep: C63/ Red: Citra Listya Rini
Alan Shearer
Foto: guardian.co.uk
Alan Shearer

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Hari ini, pada 22 April 2006 striker legendaris Newcastle United Alan Shearer mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari dunia sepak bola. Selama menjadi pesepak bola, Shearer menjadi pemain tersubur sepanjang masa Liga Primer dengan torehan 260 gol.

Shearer bergabung dengan Newcastle dari Blackburn Rovers pada 1996 dengan rekor transfer terbesar di dunia saat itu sebesar 15 juta Poundsterling atau senilai Rp 287 miliar.

Musim pertama bersama the Toon, Shearer membawa Newcastle ke posisi kedua Liga Primer. Bersama Sharer, Newcastle juga sempat merasakan final Piala FA tahun 1998 dan 1999.

Shearer membuat 404 penampilan untuk Newcastle dan mencetak rekor gol Newcastle sebanyak 206 gol di semua kompetisi. Dia mencetak gol ke-206 itu pada 17 April 2006 saat melawan Sunderland. Karena cedera ligamen akhirnya Shearer kemudian memutuskan pensiun di sisa tiga pertandingan akhir musim.

Setelah pensiun, Shearer menikmati kariernya sebagai komentator sepak bola di televisi dan sempat menjadi manajer sementara Newcastle karena memburuknya kesehatan pelatih Newcastle saat itu Joe Kinnear.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement