Ahad 07 Sep 2014 12:57 WIB

Juara Afrika Kalah di Kandang Kongo

Pemain timnas Nigeria Kenneth Omeruo (tengah).
Foto: Reuters
Pemain timnas Nigeria Kenneth Omeruo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Juara Afrika, timnas Nigeria, kalah 2-3 atas timnasKongo pada pertandingan penyisihan Piala Bangsa Afrika 2015 yang berlangsung Sabtu (6/9) malam waktu setempat. Itu merupakan yang kedua kalinya Kongo mengalahkan Nigeria, setelah yang pertama pada 1970, ketika mereka menang 2-1.

Tim tamu Red Devils dari Kongo merupakan tim yang tampil lebih baik dan pantas mendapatkan kemenangan mereka setelah tampil dengan pola menyerang yang menyusahkan lawan mereka. Tim Super Eagles itu kini berada dalam tekanan besar untuk bermain pada laga penyisihan berikutnya di Afrika Selatan, Rabu (10/9).

Afrika Selatan memimpin Grup A setelah mereka mengalahkan Sudan 3-0 di Omdurman pada laga Jumat.

Nigeria memimpin ketika laga sudah berlangsung 13 menit, ketika Efe Ambrose menggetarkan jala gawang lawan yang dijaga penjaganya, Chansel Massa.

Tapi Kongo menyamakan kedudukan dua menit kemudian ketika pemain depan Thievy Bifouma berhasil melewati lini bertahan Nigeria di sisi kanan, sebelum memberi umpan kepada kapten Prince Oniangue, yang dengan cepat menjebloskan bola ke dalam gawang lawannya.

Bifouma beralih dari pemberi umpan menjadi pencetak gol pada menit ke-40, yang mendapat bola di daerah penalti lawan dan dengan sigap melakukan sentuhan akhir dengan jitu. Pemain kondang Bifouma mencetak gol ketiga Kongo pada menit ke-54 dari titik penalti, setelah ia dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Ogenyi Onazi.

Pemain pengganti Gbolahan Salami menambah gol timnya beberapa menit kemudian ketika terjadi kemelut di mulut gawang Kongo, tapi Nigeria sudah tidak memiliki waktu lagi untuk menggembirakan penonton mereka.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement