Sabtu 13 Sep 2014 13:37 WIB

Jerman dan Jepang Dihinggapi Demam Shinjimania

Rep: C65/ Red: Citra Listya Rini
Shinji Kagawa
Foto: EPA/Marius Becker
Shinji Kagawa

REPUBLIKA.CO.ID,  DORTMUND  --  Kembalinya Shinji Kagawa ke Bundesliga diapresiasi para fans Borussia Dotrmund baik di Jerman ataupun di negara asalnya, Jepang. Kepulangan pemain 25 tahun tersebut ke Dortmund disambut dengan beredarnya berbagai artikel yang menjadi headline tentang dirinya baik di media lokal Jerman maupun di Jepang.

Bahkan, berdasarkan situs resmi BVB, sebanyak tiga ribu jersey Kagawa ludes terjual di Jepang hanya dalam waktu kurang dari dua pekan. Demam Kagawa berhasil memenuhi Westfalenstadion dengan para pendukungnya untuk menyaksikan penampilan pertamanya bersama Dortmund setelah dua tahun berada di Old Trafford.

Pelatih Borussia Dortmund Juergen Klopp berharap atmosfer ini dapat menginspirasi Kagawa untuk tampil maksimal pada laga debutnya akhir pekan ini. Dortmund bakal melakoni laga lanjutan Bundesliga melawan Frieburg.

"Kami tidak bisa menunggu untuk dua pekan yang lain. Shinji akan segera menjadi penting bagi kami," kata Klopp seperti dilansir dari ESPN, Sabtu (13/9).

Klopp menaruh harapan besar terhadap Kagawa. Meski begitu, Klopp berusaha untuk mengurangi ekspektasinya terhadap pemain asal Jepang itu. "Dia ingin menunjukkan hal-hal besar, tapi dia baru berada beberapa hari di sini," ujar Klopp.

Apalagi kedatangan Kagawa rupanya bukan di saat Dortmund dalam kondisi baik. Saat ini Die Borussen tengah berada dalam krisis cedera. Gelandang Marco Reus dan Jakub Blazcykowski diharuskan beristirahat selama sebulan. Sementara Ilkay Gundogan, Nuri Sahin, Oliver, Ji Dong-Won dan Mats Hummels mulai kembali bugar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement