Sabtu 15 Nov 2014 13:43 WIB

Arturo Vidal Motori Cile Bantai Venezuela 5-0

Rep: C12/ Red: Erik Purnama Putra
Eduardo Vargas dan Arturo Vidal.
Foto: AP Photo
Eduardo Vargas dan Arturo Vidal.

REPUBLIKA.CO.ID, TALCAHUANO -- Timnas Venezuela harus menelan kekalahan telak dari Cile ketika bertandang ke Estadio CAP, Talcahuano, Sabtu (15/11) WIB. Di laga berlabel persahabatan itu, Cile meneguhkan ketangguhannya sebagai negara yang lolos ke 16 besar pada Piala Dunia 2014 lalu usai mengalahkan juara bertahan Spanyol.

Gelandang Juventus Arturo Vidal membuka peluang kemenangan pada menit ke-17. Setelah melewati beberapa pemain belakang Venezuela, dari sudut kanan gawang ia memberikan umpan lambung ke sudut kiri gawang yang dijaga Daniel Hernandez.

Bek kiri Cile, Eugenio Mena siap menyambut umpan itu dan langsung mengoper lagi ke depan gawang. Penyerang Alexis Sanchez yang berada di posisi menguntungkan, menerima umpan tersebut dan langsung menyundulnya ke gawang Venezuela.

Pertahanan Venezuela terus digempur sampai beberapa pemain Venezuela harus melakukan pelanggaran untuk menghentikannya. Pada babak pertama, ada enam pemain Venezuela, seperti Rafael Acosta, Miku, Gabriel Chicero, Frank Feltshcer, Alexander Gonzalez, Mario Rondon, yang telah melakukan pelanggaran.

Menjelang berakhirnya babak pertama, tim tuan rumah kembali melakukan serangan. Gelandang Charles Aranguiz, mengumpan kepada Jorge Valdivia. Gol cantik pun terjadi. Valdivia menembakan bola dari sudut kiri yang sempit ke arah gawang, kemudian mengenai mistar gawang Hernandez. Babak pertama pun berakhir dengan skor sementara 2-0 dengan keunggulan Cile.

Babak kedua, penguasaan bola masih dimiliki Vidal dan kawan-kawan. Pada menit ke-55, Valdivia memberikan umpan terobosan dan langsung disambut oleh Mauricio Pinilla. Melihat posisi posisi Eduardo Vargas yang menguntungkan, Pinilla mengoper bola padanya. Tanpa membawa lagi, Vargas langsung menembakan bola hingga terjadilah gol ketiga.

Pada menit ke-78, Sanchez lolos dari penjagaan bek Venezuela. Posisinya yang kosong, membuatnya langsung menembakan. Tapi kali ini kiper Hernandez masih bisa menghalau tembakan tersebut dengan kakinya. Pantulan bola tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh Rodrigo Millar hingga berbuah menjadi gol keempat.

Pertandingan tersebut seperti hanya menggunakan setengah lapangan. Venezuela, terus berupaya bertahan, dan Cile berusaha menembus pertahanan itu. Meski sudah di menit-menit terakhir, Chili masih terus berusaha menyerang gawang Venezuela. Hingga akhirnya terciptalah gol kelima lewat sundulan Pablo Hernandez.

Laga persahabatan ini berakhir dengan skor telak 5-0 untuk kemenangan Chili. Penguasaan bola 71 persen dimiliki Cile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement