Kamis 30 Jul 2015 21:24 WIB

Didier Drogba Hijrah ke MLS

Rep: c03/ Red: Fernan Rahadi
Didier Drogba
Foto: REUTERS/Adam Holt
Didier Drogba

REPUBLIKA.CO.ID, MONTREAL -- Baru semusim kembali ke Stamford Bridge, Didier Drogba malah memilih untuk meninggalkan lagi tanah Britania. Kini, eks pemain timnas Pantai Gading itu memutuskan untuk membela Montreal Impact, salah satu klub di Major League Soccer (MLS).

Sejak penampilannya menurun pada musim 2011, Drogba pun membuat pilihan yang mengejutkan fan Chelsea. Striker yang kala itu telah mengemas 101 gol untuk The Blues , tak mau memperpanjang lagi kontraknya di Stamford Bridge.

Berstatus bebas transfer, dia justu hijrah ke kompetisi Asia. Drogba bergabung dengan klub asal Cina, Shanghai Shenhua. Kepindahannya pun tak lepas dari rumor soal gaji, sebab saat resmi berseragam Shanghai Shenhua dirinya dijanjikan gaji selangit. Dikontrak dua setengah musim, saat itu Drogba dijanjikan gaji sebesar 250 ribu poundsterling atau 3,75 miliar rupiah perpekannya. Namun hanya lima bulan lebih Drogba mampu bertahan di kompetisi Asia. Ia pun memutuskan kontraknya dengan Shanghai Shenhua.

Setelah itu, pemain yang juga pernah membela beberapa klub Ligue Prancis itu balik lagi ke liga Eropa. Beruntung klub asal Turki Galatasaray mau menampungnya. Tapi hal itu sempat dipermasalahkan Shanghai Shenhua. Mereka menyebut bergabunggnya Drogba dengan Galatasaray tak sah karena masih terikat kontrak.

Namun setelah federasi sepakbola dunia (FIFA) mendapat alasan jelas atas kepindahan Drogba, dimana dia tak mendapat gaji selama tiga bulan berturut-turut, FIFA pun memutuskan bergabungnya Drogba ke Galatasaray dinyatakan sah.

Selama dua musim, Drogba memperkuat klub berjuluk Cimbom. Ia juga setim dengan Wesley Sneijder yang pindah dari Inter Milan. DPada musim pertamanya, Drogba memang hanya tampil 13 laga, dengan posisi Galatasaray sebagai pemuncak liga, Drogba ikut merasakan trofi pertama di Liga Turki. Tapi di musim keduanya, Drogba gagal mempertahankan gelar. Dari 24 laga dia hanya mencetak 10 gol.

Pada Juli 2014, Chelsea memanggil kembali Drogba. Dengan penuh antusias, Drogba yang pada saat itu telah memutuskan pensiun dari timnas Pantai Gading pun kembali merasakan panasnya atmosfer Liga Primer Inggris. Sayangnya, Drogba lebih sering jadi pemain pengganti. Dia tampil sebanyak 28 kali di Liga Primer dan hanya mecetak empat gol.

"Ini suatu kehormatan menyambut Didier Drogba masuk ke Impact, Ini merupakan hari terbaik dalam sejarah klub dan kedatangannya ke klub akan menjadi keuntungan dalam setiap aspek." kata Presiden Montreal Impact Joey Saputo seperti dilansir laman resmi klub, Selasa (28/7).

Dengan ini Drogba bakal bertemu dengan eks pemian Liga Primer Inggris lainnya seperti  Steven Gerrard a(Los Angeles) dan Frank Lampard (New York City). Selain itu ada juga Kaka asal Brasil (Orlando), David Villa asal Spanyol (New York City), dan Andrea Pirlo asal Italia (New York City). C03

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement