Rabu 19 Aug 2015 16:35 WIB

Wasit 'Gol Tangan Tuhan' Klaim Gol Maradona Berkat Jasanya

Diego Maradona (kanan) memeluk wasit yang memimpin laga Inggris vs Argentina pada perempat final Piala Dunia 1986 Ali Bennaceur.
Foto: Facebook Diego Maradona
Diego Maradona (kanan) memeluk wasit yang memimpin laga Inggris vs Argentina pada perempat final Piala Dunia 1986 Ali Bennaceur.

REPUBLIKA.CO.ID, TUNIS -- Ali Bennaceur, wasit yang memimpin pertandingan Inggris vs Argentina pada perempat final Piala Dunia 1986, mengklaim gol Diego Maradona berkat jasanya. Tapi bukan 'Gol Tangan Tuhan' yang melegenda, melainkan gol spektakuler saat Maradona melewati lima pemain Inggris sebelum membobl gawang Inggris.

"Maradona tidak mencetak semua gol itu dengan dirinya sendiri. Saya merupakan asistennya: Saya memainkan tiga keuntungan," ujar wasit Tunisia ini kepada majalah sepak bola Prancis So Foot seperti dikutip Reuters, Selasa (18/8).

Bennaceur mengisahkan, untuk pelanggaran pertama, ia membiarkan Maradona terus bergerak. Yang kedua terjadi di pinggir area penalti. 

"Saya berteriak 'advantage, advantage'. Dan ketika ia memasuki area (penalti), saya memperkirakan (Terry) Butcher akan menjatuhkannya. Saya meletakkan peluit di bibir saya, saya siap untuk mengintervensi namun saya tidak meniupnya," kata Bennaceur.

Total ada lima pemain yang dilewati Maradona sebelum mencetak gol indah itu yakni Glenn Hoddle, Peter Beardsley, Steve Hodge, Peter Reid, dan Terry Butcher. Argentina lolos ke semifinal dan bertemu Belgia. Maradona dkk menang 2-0. Pada partai puncak, Tim tango berjaya setelah menaklukkan Jerman Barat 3-2 untuk meraih status sebagai juara dunia.

Bennaceur bertemu Maradona di Tunis awal pekan ini. Maradona mencium dan memeluk Bennaceur. Legenda sepak bola Argentina ini kemudian menghadiahi Bennaceur seragam timnas Argentina yang telah ditandatanganinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement