Kamis 03 Sep 2015 13:58 WIB

Transfer De Gea Batal, FIFA: Madrid Terlambat Upload

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Citra Listya Rini
David de Gea
Foto: AP
David de Gea

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH  --  Penutupan bursa transfer musim panas pada Selasa (1/9) lalu menyisakan cerita batalnya kepindahan kiper Manchester United David de Gea ke Real Madrid. Kedua klub sudah saling klarifikasi atas batalnya kepindahan De Gea yang saga transfernya kerap mengisi pemberitaan sepak bola dunia satu bulan terakhir.

FIFA pun angkat bicara mengenai batalnya transfer De Gea. Badan Sepak Bola tertinggi dunia itu ikut terseret karena dokumen digital kepindahan pemain 24 tahun itu tak sempat diunggah ke pusat data pembelian pemain FIFA.

Melalui pejabat tinggi Divisi Perangkat Lunak FIFA Mark Goddard, diketahui bahwa kesalahan pada batalnya transfer De Gea ada di pihak Madrid. Dikutip dari Sport, Goddard mengatakan aturannya jelas, berkas kepindahan pemain harus diunggah (upload) ke pusat data FIFA sebelum lewat pukul 12 malam hari terakhir bursa transfer.

"Pihak Madrid seharusnya bisa melakukannya seperti biasa, aturan tetap aturan, selama syarat administrasi transfer tak terpenuhi maka kepindahan pemain tidak bisa diproses," kata Goddard dikutip Rabu (3/9).

Meski berkomentar tegas, Goddard mengaku ikut simpati dengan masalah yang mendera Madrid. Dia berujar, seharusnya Madrid tidak banyak memakan waktu untuk melaporkan kesepakatan transfer jika memang sebenarnya proses lobi-lobi kepindahan De Gea sudah selesai.

"Aturannya sudah jelas, tidak ada ruang untuk laporan yang melebihi batas waktu," ujar pria yang menjabat sebagai General Manager of  FIFA Transfer Matching System GmbH (TMS) itu.

Sebelumnya, MU dan Madrid dikabarkan sepakat dengan transfer De Gea di angka 30 juta euro. Namun proses kepindahan De Gea batal karena Madrid telat 28 menit memasukan laporan kepindahan De Gea ke pusat data transfer FIFA, TMS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement