Sabtu 05 Sep 2015 13:09 WIB

Kampanye Fair Play, Sepak Bola Italia Perkenalkan Kartu Hijau

Rep: C31/ Red: Israr Itah
Kartu Hijau
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah/REUTERS
Kartu Hijau

REPUBLIKA.CO.ID, ITALIA — Italia memperkenalkan kartu hijau kepada pesepak bola sebagai kampanye fair play dan menghindari perilaku buruk di lapangan. Sebelumnya dunia sepak bola hanya mengenal kartu merah dan kartu kuning untuk memperingatkan dan memberhentikan pemain yang melakukan pelanggaran. 

Sepak bola Italia sekarang sudah siap untuk memberikan pilihan untuk tidak menghukum pemain. Tetapi juga, wasit akan memberikan kartu hijau sebagai pujian. 

Menurut surat kabar Italia La Stampa, yang dikutip dari Metro, Sabtu (5/9), kartu ini akan diresmikan pada akhir bulan September di Serie B setelah percobaan sukses di liga pemuda Italia. Kartu hijau akan diberikan kepada pemain yang bertindak fair play seperti menghentikan permainan ketika lawan cedera dan membantu wasit mengambil keputusan.

Untuk sementara ini belum ada hadiah setelah mendapatkan kartu hijau. Daftar pemain paling banyak mendapatkan kartu hijau akan dikompilasi pada akhir musim.

Pejabat berharap aturan ini akan mendorong fair play dan perilaku yang baik di lapangan. Mereka juga percaya konsep bisa segera menyebar ke liga profesional lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement