Ahad 06 Sep 2015 06:50 WIB

Liga Italia Adakan Kartu Hijau untuk Pemain

Rep: c17/ Red: Angga Indrawan
Kartu Hijau
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah/REUTERS
Kartu Hijau

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kompetisi kasta kedua di Italia atau biasa dikenal Serie B akan membuat terobosan baru di dunia sepak bola. Kompetisi dikabarkan bakal memperkenalkan kartu hijau sebagai imbalan bagi pemain yang dinilai sportif dan menunjukan sikap positif dalam sebuah pertandingan.

Menurut penyelenggara Serie B, kartu hijau diharapkan bisa mengubah citra sepak bola Italia. Kartu hijau kemungkinan juga akan berlaku bagi pelatih dan penonton. Namun tidak seperti kartu kuning dan kartu merah, kartu hijau bersifat virtual dan tidak akan dikeluarkan selama pertandingan berlangsung.

"Menurut kami sepak bola perlu memberikan pesan-pesan positif. Olahraga ini sering didera kontroversi dan membuat orang enggan pergi ke stadion," kata seorang juru bicara Serie B yang tidak disebutkan namanya, seperti dilansir BBC Sport, Ahad (6/9).

Presiden Serie B Andrea Abodi mengatakan para pemain harus benar-benar menunjukkan sikap luar biasa untuk mendapatkan kartu hijau. "Ini penghargaan yang sifatnya simbolis. Bisa saja ini cuma hal serdehana. Yang penting adalah memberi pengakuan ketika seorang pemain profesional melakukan sesuatu yang bisa menjadi teladan," kata Abodi.

Kabar ini pun masih belum jelas apakah kartu hijau juga akan diperkenalkan di liga teratas Italia Serie A.Pembukaan liga Serie B sendiri ditunda ke hari Sabtu ini karena ada penyelidikan kasus pengaturan skor. Pada Agustus lalu, tim Catania didegradasi dari Serie B ke liga kelas tiga karena terlibat dalam skandal ini.

"Kami senang bisa menjadi laboratorium untuk Serie A. Namun bukan kami yang memutuskan (kartu hijau di Serie A). kami harus bekerja untuk mempertahankan reputasi kami sendiri sekarang ini," kata Abodi.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement