Sabtu 14 Nov 2015 16:51 WIB

Bali United Uji DNA Juara Persipura

Rep: Ali Mansur/ Red: Fernan Rahadi
Pelatih Bali United Pusam, Indra Sjafri (kiri) memberi intruksi saat memimpin latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Bali, Selasa (10/11).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pelatih Bali United Pusam, Indra Sjafri (kiri) memberi intruksi saat memimpin latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Bali, Selasa (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Bali United Pusam bakal menghadapi tim kuat Persipura Jayapura pada pertandingan Grup B Piala Jenderal Sudirman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (14/11) malam WIB. Meski Bali United merupakan tim baru di ranah Liga Super Indonesia (ISL), tetapi kini mereka menjadi salah satu tim unggulan berkat performa ciamik di Piala Presiden lalu.

Dari lima tim penghuni Grup B, tampaknya Bali United Pusam adalah klub yang paling siap untuk melakoni babak awal Piala Jenderal Sudirman. Tercatat hanya Bali United Pusam yang tetap eksis berlatih di tengah-tengah ketidakjelasan kompetisi ISL. Mereka juga enggan berlama-lama meliburkan para pemainnya usai tersingkir di delapan besar Piala Presiden untuk kembali berlatih.

Arsitek Bali United Pusam, Indra Sjafri mengaku persiapan timnya sudah hampir 100 persenm. "Sudah 90 persen persiapannya. Tinggal mematangkan taktik saja, jadi kami optimistis di babak penyisihan grup ini," ujar mantan nahkoda tim nasional U-19 itu, Kamis (12/11).

Tidak hanya itu, tim berjulukan Serdadu Tridatu itu juga mendapatkan suntikan tenaga-tenaga baru, Indra pun bertambah optimistis dan bakal tampil beda di turnamen ini. Bahkan dua penggawa barunya merupakan bekas anak asuhnya di timnas U-19, yaitu Hansamu Yama Pranata, dan Paulo Sitanggang. Sementara sisanya adalah eks bek Persija Jakarta, Ambrizal dan mantan pemain Semen Padang Nerius Alom.

Pada turnamen Piala Presiden, Serdadu Tridatu sukses lolos ke babak delapan besar dengan status juara grup. Anak asuh Indra Sjafri berhasil mengungguli Mitra Kukar, Persita Tangerang, dan Persija Jakarta di babak penyisihan grup Piala Presiden.

Namun pada babak delapan besar, langkah mereka dihentikan oleh tim kuat Arema Cronus. Meski demikian penampilan mereka cukup memukau meski hanya mengandalkan pemain-pemain muda asli Indonesia. Kini dengan tambahan tenaga baru, Serdadu Tridatu akan menguji DNA juara milik Tim Mutiara Hitam.

Tampaknya Indra Sjafri tetap akan mengandalkan beberapa pemain lamanya yang masih tersisa dan dikombinasikan dengan pemain baru. Di lini belakang, Bali United masih memiliki Bobby Satria yang akan dibantu oleh Hansamu. Di lini tengah, Indra kemungkinan besar akan menurunkan Fadil Sausu, Paulo Sitanggang, dan Hendra Sandi.  Selanjutnya di sektor depan trio Bayu Gatra, I Nyoman Sukarja, dan Lerby Eliandry, akan disiapkan untuk mengobrak-abrik lini pertahanan Tim Mutiara Hitam.

Sementara, Persipura Jayapura menjadi tim yang terakhir bergabung di turnamen gagasan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tersebut. Tidak hanya itu, kapten tim mereka, Boaz Solossa, juga belum bergabung bersama tim di Bali. Kabarnya Boaz baru akan bergabung setelah mengikuti ajang Habibie Cup di Sulawesi. 

Kendati demikian, tim Mutiara Hitam terus melakukan sesi latihan yang intens guna menghadapi Bali United di laga perdana Grup B. "Kami sudah lama tidak bermain bersama. Tapi pemain kami memiliki kualitas yang bagus, jadi kami tetap percaya masih menjadi tim kuat. Kami hanya ingin hasil terbaik untuk fans," jelas pelatih Persipura, Osvaldo Lessa.

Meski persiapan yang dilkukannya timnya sangat minim, tetapi dia optimistis Tim Mutiara Hitam bisa lolos ke babak delapan besar. Apalagi skuatnya yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan awal musim lalu, saat mereka berkiprah di Piala AFC. Nama-nama beken seperti Ricardo Salampessy, Robertino Pugliara, Imanuel Wanggai, sampai Lancine Kone bakal menghiasi line up Tim Mutiara Hitam.

Disebutnya, walaupun sudah sangat lama vakum, tapi Persipura tetap wajib diwaspadai oleh empat tim lainnya. Sebab bagaimanapun juga tim yang telah menjuarai empat kali gelar liga Indonesia tersebut memiliki catatan yang sangat baik di kompetisi ISL. Kendati demikian, Lessa yakin partai awal para pemainnya akan menemukan kesulitan karena sudah lama vakum bertanding. Ia hanya berharap para pemainnya dapat bermain maksimal pada laga nanti.

Menghadapi Bali United di laga perdana, Osvaldo Lessa bakal menurunkan kekuatan penuh guna memetik tiga poin pertamanya. Di bawah mistar gawang, Lessa masih memoercayakan Dede Sulaiman. Kemudian barisan belakang bakal dihuni oleh Salampessy, Bio Paulin Pierre, Dominggus Fakdawer, dan juga Victor Pae yang sebelumnya memperkuat Pusamania Borneo FC.

Selanjutnya di lini tengah Lessa masih mengandalkan legiun asing, Robertino Pugliara, yang akan dibantu oleh Immanuel Wanggai dan Lim Jun Sik. Sementara di lini serang Boaz Salossa akan ditemani Yohanes Ferinando Pahabol dan striker asing, Cristopher Sibi.

Prediksi Susunan Pemain   

Persipura Jayapura (4-3-3)

Pelatih: Osvaldo Lessa

Dede Sulaiman (kiper); Salampessy (bek kanan), Bio Paulin, Fakdawer, Victor Pae (bek kiri). Pugliara, Wanggai, Lim Jun Sik; Ferinando Pahabol, Cristopher Sibi, Boaz Salossa

Bali United (4-3-3)

Pelatih: Indra Sjafri

I Ngurah Komang (kiper); Ambrizal (bek kanan), Hansamu Yama Pranata, Bobby Satria, Ricky Fajrin (bek kiri); Indra Permana, Paulo Sitanggang, Hendra Sandi; Bayu Gatra, I Nyoman Sukarja, Lerby Eliandry

Lima Pertandingan Terakhir Bali United

27/9/15    Bali United    2-3    Arema Cronus

9/9/15    Arema Cronus    2-1    Bali United

7/9/15    Bali United    2-1    Persita Tangerang

3/9/15    Bali United    2-2 Mitra Kukar

3/8/15    Bali United Pusam    3-0    Persija Jakarta   

Lima Pertandingan Terakhir Persipura   

26/5/15    Persipura Jayapura    0-3    Pahang (WO)

12/5/15    Bengaluru    1-3    Persipura Jayapura

28/4/15    Persipura Jayapura    6-0    Warriors

14/4/15    Persipura Jayapura    0-0    Maziya

8/4/15    Persipura Jayapura    5-2    Bali United

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement