Selasa 12 Jan 2016 04:39 WIB

Sisihkan Sampson dan Sasaki, Ellis Raih Pelatih Tim Wanita Terbaik 2015

Rep: reja irfa widodo/ Red: Taufik Rachman
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015

REPUBLIKA.CO.ID,ZURICH -- Meraih 42,98 persen dari total jumlah suara, pelatih timnas wanita Amerika Serikat, Jill Ellis, akhirnya menyingkirkan nominasi lainnya dalam kategori pelatih tim wanita terbaik FIFA Ballon d'Or 2015, Senin (11/1) waktu setempat.

Ellis berhasil mengungguli pelatih timnas wanita Inggris, Mark Sampson, dan pelatih timnas wanita Jepang, Norio Sasaki.Di ajang penghargaan FIFA Ballon d'Or 2015, prosedur pemilihan pemenang didasarkan pada perolehan suara yang diberikan oleh kapten dan pelatih timnas, serta jurnalis sepakbola internasional.

Ellis meraih 42,98 persen dari total suara, Norio Sasaki mendapatkan 17,79 persen. Sedangkan Sampson menerima 10,68 persen suara. Ini menjadi penghargaan pertama Ellis sejak menukangi timnas wanita Amerika Serikat pada 2014 silam.

''Sangat luar biasa bisa bergabung dengan keluarga besar sepakbola. Penghargaan ini sebenarnya mewakili banyak orang, yaitu untuk para pemain, kapten, dan semua staff di timnas Amerika Serikat. Ini adalah bentuk terima kasih saya kepada kalian atas semua usaha dan kepercayaan pada tim ini,'' kata Ellis di malam penganugerahan FIFA Ballon d'Or 2015, Senin (11/1) waktu setempat.

Pencapaian terbaik Ellis pada 2015 adalah mampu membawa timnas Amerika Serikat menjadi yang terbaik di ajang Piala Dunia Wanita. Selain itu, Ellis juga mampu mempersembahkan trofi Piala Concacaf Wanita untuk timnas Amerika Serikat.

Sebenarnya bukan hanya Ellis, sebagai anggota timnas Amerika Serikat yang menerima penghargaan dalam anugerah FIFA Ballon d'Or. Adalah gelandang timnas wanita Amerika Serikat, Carli Lloyd, yang berhasil terpilih sebagai pemain wanita terbaik pada 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement