Kamis 21 Jul 2016 21:02 WIB

Julen Lopetegui Diangkat Jadi Pelatih Timnas Spanyol

Julen Lopetegui
Foto: REUTERS/Gleb Garanich
Julen Lopetegui

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menemukan sosok pengganti Vicente del Bosque. RFEF menunjuk Julen Lopetegui untuk menjadi pelatih timnas Spanyol. Penunjukan ini diumumkan pada Kamis (21/7).

Mantan kiper dan pelatih Porto ini akan menukangi Spanyol melakoni kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimulai September 2016.

"Federasi Sepak Bola Spanyol telah menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih tim nasional baru. Pelatih akan diperkenalkan pada Kamis pukul 18.30 waktu setempat di Las Rozas (Madrid)," bunyi pernyataan RFEF seperti dikutip Reuters.

Del Bosque bertugas di timnas Spanyol selama delapan tahun. Ia menukangi La Roja usai menjuarai Piala Eropa 2008. Di tangan Del Bosque, Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan mempertahankan trofi Piala Eropa 2012.

Spanyol kemudian babak belur pada Piala Dunia 2014 dan terhenti di babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang membuat Del Bosque memutuskan mundur. RFEF pun bergerak cepat dengan menunjuk Lopetegui.

Pelatih berusia 46 tahun ini merupakan sosok familiar bagi RFEF. Mantan kiper timnas Spanyol ini pernah memoles timnas Spanyol U-19, U-20, dan U-21.

Dia mengantarkan Spanyol juara Piala Eropa U-19 pada 2012 di Estonia dan tahun berikutnya menjuarai Piala Eropa U-21 di Nyon, Swiss.

Lopetegui, yang dipecat FC Porto pada Januari telah dikaitkan dengan klub Inggris yang berlaga di Divisi Championship Wolverhampton Wanderers. Namun ia ternyata mendapatkan jabatan lebih bergengsi dengan menangani timnas Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement