Rabu 03 Aug 2016 16:09 WIB

Ini Hasil Lengkap KLB Ancol

Rep: Ali Mansur/ Red: M Akbar
KLB PSSI. Peserta melakukan registrasi pada pembukaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Ancol, Jakarta, Rabu (3/8).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
KLB PSSI. Peserta melakukan registrasi pada pembukaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Ancol, Jakarta, Rabu (3/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI telah merampungkan kewajibannya menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Rabu (3/8). Kongres yang melibatkan 105 pemilik suara tersebut berjalan kondusif meski mengalami keterlambatan dari jadwal yang disesuikan.

Sidang KLB PSSI sendiri dipimpin langsung oleh plt ketua umum PSSI Hinca Panjaitan. Baik PSSI dan juga para pemilik suara berharap KLB PSSI ini dapat menentukan arah reformasi PSSI yang sudah dicita-citakan banyak pihak. (Baca: KLB PSSI Digelar pada 17 Oktober)

Memang KLB PSSI ini kali bukan untuk memilih ketua umum PSSI baru menggantikan La Nyalla Mahmud Mattalitti yang mengundurkan diri beberapa bulan lalu. Namun KLB PSSI ini memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan arah reformasi PSSI ke depannya.

Salah satu hasil KLB PSSI yang paling memilih komite pemilihan PSSI, komite banding pemilihan dan juga menetapkan Hinca Panjaitan sebagai plt ketua umum PSSI hingga KLB pemilihan nanti.

Menurut Hinca, keputusan yang dihasilkan dari KLB PSSI harus dihormati dan dijalankan. Sebab bagaimanapun juga KLB ini merupakan keinginan para mayoritas para pemilik suara yang menghendaki adanya reformasi total pada tubuh kepengurusan PSSI saat ini.

Untuk itu, Hinca meminta agar siapa yang mencalonkan dan dicalonkan agar segera mendaftarkan diri kepada Komite Pemilihan PSSI yang dikomandani oleh Agum Gumelar.

"Dengan hasil KLB ini, komite pemilihan PSSI sudah bekerja. Kami juga berharap KLB pemilihan ketua umum PSSI nanti dapat berjalan dengan lancar seperti KLB kali ini," ujar Hinca sesaat setelah KLB, pada Rabu (3/8).

Berikut hasil lengkap KLB PSSI di Hotel Mercure:

1. Penetapan Hinca Pandjaitan sebagai plt Ketum PSSI: Didukung 82 dari 105 suara.

2. Penetapan mengenai pemilihan Exco pada KLB Oktober 2016. Pilihan dari FIFA, mengganti Ketum dan dua anggota atau memilih 15 Exco baru. Sebanyak 91 suara mendukung pemilihan 15 Exco.

3. Tanggal Kongres Tahunan Pemilihan PSSI: 17 Oktober 2016. Didukung 103 suara.

4. Pengesahan revisi electronal code, dari 6 bulan menjadi 10 minggu. Didukung 103 suara.

5. Penetapan Komite Pemilihan:

Komite Pemilihan PSSI

Ketua: Agum Gumelar

Wakil: IGK Manila

Anggota: Haruna Sumitro, Irawadi Hanafi, Tio Hartono, Budiman Dalimunthe, Putra Wirasana,

Cadangan: Lambertus aratukan, Yakub kristanto, Darkoni Khitob

6. Penetapan Komite Banding Pemilihan:

Ketua: Erick Thohir

Wakil: Hamin Awaludin

Anggota: Dodik Widjanarko

Cadangan: M Niagara, Fikri Assegaf

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement