Rabu 28 Sep 2016 04:04 WIB

Allardyce Mundur, Cetak Rekor Pelatih Tersingkat Tangani Timnas Inggris

Sam Allardyce
Foto: Reuters/Carl Recine
Sam Allardyce

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sam Allardyce mencatatkan rekor baru dalam sejarah tim nasional Inggris. Ia menjadi manajer terpendek yang bertugas menangani the Three Lions, yakni 67 hari dengan hanya satu pertandingan.

Allardyce telah meninggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas Inggris dengan kesepakatan bersama dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Ini menyusul laporan eksklusif dari Daily Telegraph yang memaparkan Allardyce menawarkan cara untuk mengakali aturan transfer pemain yang tak boleh melibatkan pihak ketiga.

Allardyce, 61 tahun, juga diduga telah menggunakan perannya untuk menegosiasikan kesepakatan senilai £ 400 ribu pound (Rp 6,73 miliar) untuk mewakili perusahaan Timur Tengah.

Dalam sebuah pernyataannya seperti dikutip BBC, Rabu (28/9) dini hari WIB, FA menyebut perilaku Allardyce tidak pantas. FA menunjuk Gareth Southgate sebagai pelatih sementara.

"Dia menerima telah membuat kesalahan yang signifikan dalam penilaian dan telah meminta maaf," bunyi pernyataan FA.

"Ini bukan keputusan yang diambil ringan tapi prioritas FA adalah untuk melindungi kepentingan yang lebih luas dari permainan dan mempertahankan standar tertinggi perilaku dalam sepak bola."

FA menyebutkan, pelatih tim senior putra Inggris adalah posisi yang harus menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan menunjukkan rasa hormat terhadap integritas permainan setiap saat.

Allardyce menggantikan Roy Hodgson pada bulan Juli setelah Inggris tampil buruk pada iala Eropa 2016.

Ia tertangkap kamera wartawan Daily Telegraph yang berpura-pura menjadi investor menawarkan 'jalur belakang' untuk transfer pemain. Dalam rekaman ini, Allardyce juga mengolok-olok gaya bicara Hodgson dan mengkritik salah satu asisten sang pelatih Gary Neville.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement