Kamis 29 Sep 2016 22:36 WIB
Liga Europa

Inilah Zorya Luhansk, Lawan MU pada Liga Europa Dini Hari Nanti

Zorya Luhansk
Foto: Wikipedia
Zorya Luhansk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari empat  tim yang bercokol di Grup A Liga Europa, nama Zorya Luhansk masih asing bagi pecinta sepak bola dunia dibandingkan Manchester United (MU), Feyeenord, dan Fenerbahche. Sebenarnya, siapakah lawan yang akan dihadapi Mu pada laga kedua grup di Old Trafford, Jumat (30/9) dini hari WIB ini?

Dikutip dari Sky Sports, Kamis (29/9), Zorya berbasis di Luhansk, sebuah kota di provinsi paling timur Ukraina. Tapi saat bertanding, mereka pindah jauh ke barat di Kota Zaporizhia akibat konflik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Klub ini didirikan pada 1923, tetapi telah melalui banyak perubahan nama dan reorganisasi sejak saat itu. Terutama, mereka dikenal sebagai Zorya Voroshilovgrad -- sejalan dengan nama kota Luhansk sebelumnya -- selama periode paling sukses tim.

Kesuksesan Zorya berlangsung pada awal 1970-an. Meskipun bertarung melawan klub-klub kuat saat Uni Soviet masih berdiri, Zorya meraih mahkota juara liga pada 1972. Mereka kemudian mencapai babak kedua Piala Champions pada musim 1973/74.

Zorya kemudian berlaga di kompetisi level ketiga Ukraina. Zorya akhirnya kembali bangkit dalam beberapa tahun terakhir. Tim asuhan Yuriy Vernyduv finis keempat di Liga Ukraina dan menjadi finalis Piala Ukraina.

Zorya diperkuat kapten Mykyta Kamenyuka yang merupakan pemain timnas Ukraina. Adapun Jaba Lipartia dan Mikhail Sivakow masing-masing membela Georgia dan Belarusia.

Musim ini, Zorya kehilangan sejumlah pemain kunci, antara lain top skorer  Pylyp Budkivskyi yang bergabung ke Anzhi Makhachkala. Vernyduv kini mengandalkan Vladyslav Kulach sebagai pencetak gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement