Rabu 07 Dec 2016 01:03 WIB

Brasil Ajak Kolombia Gelar Laga Amal Chapecoense

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Atribut tim Chapecoense di Arena Conda di Chapeco, Brasil, sebagai tanda berkabung, Selasa (29/11).
Foto: EPA/Fernando Bizerra Jr
Atribut tim Chapecoense di Arena Conda di Chapeco, Brasil, sebagai tanda berkabung, Selasa (29/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO — Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengajak Kolombia menggelar laga persahabatan sebagai amal untuk seluruh keluarga pemain dan staf klub Chapecoense yang meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang di Medellin. Menurut sumber CBF pada Reuters, Selasa (6/12), rencananya laga amal untuk klub Chapecoense akan digelar bulan depan.

Chapecoense, klub yang berasal dari Brasil Selatan mengalami kecelakaan setelah memastikan masuk final Copa Sudamericana. Kecelakaan pesawat itu menewaskan hampir seluruh pemain klub yang asal Kota Chapeco. Sebanyak 71 penumpang dan kru pesawat dinyatakan meninggal. Hanya enam orang yang selamat dari maut namun mengalami luka serius.

“Idenya adalah laga akan melawan Kolombia, untuk mewakili semua,” tutur sumber CBF itu.

Namun, ide ini belum mendapat respons dari tim nasional Kolombia. CBF belum mengetahui apakah tim nasional Kolombia siap terkait tanggal penyelenggaraan laga amal ini.

“Tapi pertandingan persahabatan, akan melawan tim lain kalau Kolombia tidak bersedia, kemungkinan digelar 22 atau 25 Januari,” ujar sumber itu.

Hasil dari laga amal ini akan didonasikan pada seluruh keluarga pemain maupun staf klub Chapecoense yang meninggal dalam kecelakaan pesawat tersebut. CBF juga akan mendonasikan 5 juta reais (sekitar 1,46 juta dolar) pada Chapecoense untuk kembali membangun tim. Klub telah kehilangan hampir seluruh skuatnya dan membutuhkan banyak dana untuk membangun tim menghadapi musim depan.

Chapecoense sudah menerima penghargaan dengan dinobatkan sebagai juara Copa Sudamericana. Dengan gelar Sudamericana ini, Chapecoense dipastikan akan tampil dalam Copa Libertadores, kompetisi di Amerika Selatan yang setara dengan Liga Champions Eropa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement