Jumat 03 Feb 2017 07:17 WIB

Kalahkan Ghana, Kamerun ke Final Piala Afrika

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Pemain Kamerun Christian Bassogog (kanan) merayakan gol ke gawang Ghana. Gol Bassogog mengantarkan Kamerun ke final Piala Afrika 2017.
Foto: EPA/Gavin Barker
Pemain Kamerun Christian Bassogog (kanan) merayakan gol ke gawang Ghana. Gol Bassogog mengantarkan Kamerun ke final Piala Afrika 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, LIBREVILLE — Kamerun memastikan lolos ke babak final Piala Afrika 2017 seusai mengalahkan Ghana dengan skor 2-0 di Libreville, Gabon, Jumat (3/2). Dua gol kemenangan Kamerun dicetak oleh Michael Ngadeu-Ngadjui dan Christian Bassogog.

Dilansir dari Reuters, bek Kamerun, Ngadeu-Ngadjui mencetak gol pada menit ke-72. Berawal dari servis tendangan bebas, Ngadeu-Ngadjui berhasil memanfaatkan kesalahan koordinasi lini pertahanan Ghana.

Bola yang seharusnya bisa diantisipasi oleh bek Ghana ataupun sang kiper justru lolos dan jatuh ke kaki Ngadeu-Ngadjui. Tanpa ampun, pemain bernomor punggung 5 langsung melepaskan tendangan keras ke arah gawang yang sudah tidak dijaga kiper Ghana.

Gol kedua Kamerun lahir dari proses serangan balik cepat pada injury time. Ghana yang berusaha menyamakan kedudukan hanya meninggalkan satu pemain belakang di setengah lapangan pertandingan.

Kondisi itu dimanfaatkan Kamerun saat berhasil mencuri bola dari pemain Ghana yang tengah melakukan serangan. Bassogog yang mendapat umpan terobosan dari proses serangan balik di tengah lapangan berlari dengan sangat cepat ke arah gawang Ghana. Pemain belakang Ghana tak mampu mengejar, sedangkan kiper hanya menunggu di area kotak pinalti.

Bassogog membawa bola hingga memasuki area kotak pinalti dan berhasil memerdaya kiper Ghana untuk membuat keunggulan 2-0 Kamerun atas tim lawan. Dengan kemenangan ini, Kamerun berhak melaju ke babak final untuk melawan Mesir yang sudah lebih dulu lolos usah mengalahkan Burkina Faso, Rabu (2/1) kemarin. Laga final Piala Afrika akan digelar di Libreville pada Ahad (5/2).

Kemenangan Kamerun ini di luar prediksi karena sebelum memulai Piala Afrika, mereka dipusingkan dalam memilih skuat tim nasional. Namun, Kamerun beruntung karena serangan Ghana tidak pernah diselesaikan dengan baik pemain depan mereka.

Kamerun lolos ke dari penyisihan grup setelah berada di peringkat kedua di bawah Burkina Faso. Melaju ke babak final menjadi peluang Kamerun untuk meraih gelar kelima Piala Afrika tahun ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement