Sabtu 25 Mar 2017 17:10 WIB

Xabi Alonso Merasa Beruntung Jajaki Klub Besar Selama Kariernya

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
Xabi Alonso
Foto: EPA/KIKO HUESCA
Xabi Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN – Gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, mengatakan dirinya beruntung telah bermain di beberapa klub top di Inggris, Spanyol, dan Jerman. Pemain berusia 35 tahun itu akan pensiun dari sepak bola pada akhir musim. Dia mengakhiri kariernya setelah menjajaki sejumlah klub di antaranya Real Sociedad, Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.

Gelandang asal Jerman itu bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2004. Selama merumput di Anfield, ia memenangkan Liga Champions dan Piala FA. Sebelum akhirnya hijrah ke Santiago Bernabeu pada 2009. Alonso kemudian merapat ke Muenchen pada 2014.

"Saya cukup beruntung untuk berada di klub-klub besar dari mulai klub kampung halaman saya hingga ke Liverpool ke Real Madrid ke Bayern Muenchen. Bagi saya, saya telah bermain untuk tim terbaik di Inggris, di Spanyol dan di Jerman, itulah yang ingin saya miliki, karier yang bagus," kata Alonso, dilansir dari ESPN, Sabtu (25/3).

Alonso mengatakan, ia telah bermain dengan para pemain yang luar biasa dan bekerja dengan manajer yang luar biasa juga. Ia mengaku banyak belajar dari mereka. Alonso mengakui telah mendapatkan keberuntungan tersebut, dengan berada di tempat dan pada saat yang tepat beberapa kali. "Saya tidak pernah bermimpi memiliki karier bagus seperti ini. Saya suka sepak bola dan ini seperti sebuah perjalanan sepak bola yang bagus," tambahnya.

Alonso telah mencatatkan 210 penampilan untuk Liverpool selama musim di Merseyside. Meskipun meninggalkan the Reds pada 2009, Alonso mengatakan dia masih menyimpan Liverpool di hatinya. Sementara itu, keputusan untuk pensiun akan memberinya kesempatan untuk kembali ke Anfield.

Ia mengatakan, Liverpool masih dan akan selalu menjadi bagian besar dari hidupnya. Ia mengaku masih merasa sangat dekat dan kerap mengikuti perkembangan the Reds, meskipun kini tak lagi merumput di sana.  "Kami sangat berharap untuk kembali. Saya telah mendengar banyak hal tentang tribun utama yang baru," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement