Senin 03 Jul 2017 03:39 WIB

Jerman Juarai Piala Konfederasi untuk Pertama Kali

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan
Final Piala Konfederasi antara timnas Jerman dan Cile
Final Piala Konfederasi antara timnas Jerman dan Cile

REPUBLIKA.CO.ID, PETERSBURG -- Timnas Jerman keluar sebagai juara Piala Konfederasi 2017 untuk kali pertama setelah mengalahkan Cile dengan skor tipis 1-0 di partai final di Stadion St Petersburg Stadium, Senin (3/7) dini hari WIB. Gol semata wayang Der Panzer dicetak oleh gelandang serang Lars Stindl pada menit ke-20.

Armada Joachim Loew berhasil mengkawinkan gelar juara dunia pada 2014 dengan Piala Konfederasi 2017 ini. Bagi Jerman, ini merupakan gelar pertama di ajang yang mempertemukan juara dari tiap turnamen.

Sejatinya Cile memegang kendali dalam laga kali ini, tim besutan Juan Antonio Pizzi bermain lebih agresif. Tim berjuluk La Roja sampai melepaskan tembakan ke arah gawang sebanyak lima kali pada interval pertama.

Cile bisa saja unggul lebih dulu andai penyerang Alexis Sanchez berhasil memanfaatkan situasi satu lawan satu dengan kiper Jerman Ter Stegen. Sayang, tendangan pemain Arsenal tersebut dapat dengan mudah diantisipasi oleh kiper lawan.

Giliran Arturo Vidal yang mencoba peruntungannya pada menit ke-20, pemain Bayern Muenchen itu melesakkan tendangan spekulatisnya dari luar kotak penalti yang masih mampu diblok Ter Stegen.

Ironis bagi juara bertahan Copa America, dalam hitungan detik mereka harus merelakan bola bersarang di dalam gawang Claudio Bravo. Gol tersebut terjadi akibat kesalahan fatal gelandang Marcelo Diaz sebagai orang terakhir di garis pertahan Cile, Diaz menerima umpan pendek rekannya, lantas mengontrol bola tanpa mengethaui pergerakan Timo Werner di sisi kanannya.

Alhasil, Werner mampu mencuri bola, mengecoh kiper, dan memberikan umpan manis kepada Stindl yang berdiri bebas tanpa kawalan berarti. Adapun gol tersebut lahir dari tembakan kedua Jerman pada babak pertama ini. Setelahnya, Julian Draxler dan kawan-kawan tampil percaya diri.

Hingga peluit 45 menit pertama dibunyikan skor masih tertahan 1-0 untuk keunggulan Jerman. Sejauh ini Cile menguasai bola di atas 60 persen dengan unggul jumlah peluang sebanyak 12 tembakan berbanding lima.

Selepas turun minum, La Roja langsung tampil panas untuk mengejar ketertinggalan. Usaha keras menembus pertahanan rapat yang dikawal trisula Matthias Ginter, Rudiger, dan Mustafi gagal membuahkan hasil membuat para pemain Cile terlihat frustasi hingga memunculkan sejumlah insiden dan kontak fisik.

Jika Claudio Bravo tampil gemilang pada laga semifinal melawan Portugal, kali ini Ter Stegen menujukan taringnya. Dirinya menggagalkan dua peluang emas Cile lewat tembakan Edu Vargas dan Charles Aranguiz. Pun demikian tendangan bebas Sanchez pada menit-menit akhir. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 masih untuk Der Panzer, dan trofi Konfederasi berlabuh ke Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement