Senin 11 Sep 2017 01:09 WIB

Bibiana Steinhaus, Wasit Wanita Pertama pada Laga Bundesliga

Bibiana Steinhaus (kanan).
Foto: EPA-EFE/CARSTEN KOALL
Bibiana Steinhaus (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Bibiana Steinhaus menikmati debutnya sebagai wanita pertama yang menjadi wasit di kompetisi Bundesliga. Ia memimpin laga Hertha Berlin kontra Werder Bremen di Olympiastadion, Berlin, Ahad (10/9) tanpa insiden berarti. Laga berakhir imbang 1-1.

Steinhaus, 38 tahun, terpilih memimpin laga divisi teratas sepak bola Jerman pada Mei setelah sejak 2007 memimpin sejumlah laga divisi dua atau 2 Bundesliga. Pada Agustus lalu, perempuan yang juga berprofesi sebagai polisi ini memimpin laga putaran pertama Piala Jerman yang mempertemukan Bayern Muenchen kontra Chemnitzer.

Dia juga meniup pada laga final Liga Champions Wanita tahun ini dan bertanggung jawab pada sejumlah laga Piala Eropa Wanita 2017.

Pada 2015, Kerem Demirbay, yang bermain untuk Fortuna Duesseldorf pada saat itu, dilarang bermain selama lima pekan gara-gara mencari perkara dengan Steinhasu. Ia membuat komentar melecehkan setelah dikeluarkan dalam pertandingan divisi dua oleh Steinhaus, yang menuliskan pernyataan tersebut dalam laporan pertandingannya.

Hertha sempat memimpin pada menit ke-38 saat Vladimir Darida melakukan sepakan keras dan Mathew Leckie gagal menahan bola. Werder, menyamakan kedudukan pada menit ke-59 saat Delaney menghempaskan tuan rumah dengan sepakan dari tepi area penalti.

Steinhaus hanya menghasilkan satu kartu kuning dalam laga ini dan tidak ada insiden hukuman yang kontroversial.

     

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement