Selasa 17 Oct 2017 08:12 WIB

Szczesny Sebut Hijrah ke Juve dari Arsenal Pilihan Tepat

Wojciech Szczesny
Foto: www.theguardian.com
Wojciech Szczesny

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Kiper Juventus Wojciech Szczesny mengatakan, keputusannya untuk hijrah ke Turin adalah pilihan yang tepat. Kiper timnas Polandia ini menghabiskan waktu selama 10 tahun dengan Arsenal, sebelum akhirnya bergabung dengan Bianconeri di musim panas ini.

Sebelumnya, Szczesny sempat dipinjamkan selama dua musim di AS Roma. Juve merekrut Szczesny dalam kontrak empat tahun dengan harga sebesar 3,5juta pound per musim.

Setelah tiga bulan merumput di Turin, sang kiper mengatakan bahwa ia telah mengalami peningkatan yang luar biasa dalam kemampuan teknis, sejak pindah dari klub Liga Primer Inggris itu ke Serie A Italia.

"Jujur, saya tidak bisa mengatakan dari segi teknis yang saya telah tingkatkan dalam hal apapun sejak saya menjadi kiper pilihan utama di Arsenal hingga hari di mana saya pergi ke Roma. Bagaimanapun, dalam dua setengah tahun sejak saya datang ke Italia, saya meningkat secara masif, berkat para pelatih dan cara mereka bekerja," kata Szczesny dilansir dari Sky Sports, Selasa (17/10).

Peningkatan itu, menurut Szczesny, tidak hanya saat ia bermain. Melainkan juga dalam pelatihan setiap hari dan pekerjaan dalam semua aspek permainan. Ia mengaku benar-benar menikmati hal itu.

Secara umum, Szczesny menilai para pelatih di Italia lebih taktis seperti halnya liga bekerja. Sementara di Arsenal, kata dia, pemain hanya mempersiapkan secara fisik untuk pertandingan. Di Italia, para pemain menurutnya menonton film yang menganalisa lawan yang spesifik sebelum masuk ke permainan. Setelahnya, pemain akan kembali menonton tayangan ulang permainanan sendiri.

"Saya menikmati bekerja dengan beberapa pelatih luar biasa di Arsenal, Roma dan di sini (Juve), tapi sekolah kiper di Italia sangat berbeda, sangat teknis dan lebih perhatian pada hal-hal detail," jelas Szczesny.

Szczesny bergabung dengan akademi Arsenal dari Legia Warsawa pada 2006. Ia telah merumput dalam 181 penampilan untuk tim utama, sebelum akhirnya tersingkir setelah kedatangan Petr Cech dan David Ospina di Emirates Stadium. Ia lantas mengatakan, menerima waktunya dengan the Gunners akhirnya berakhir adalah hal sulit. Karena ia tidak pernah membayangkan untuk meninggalkan the Gunners.

"Saya mendukung mereka seperti anak kecil dan saya bermain untuk klub mimpi saya, tapi kehidupan berlanjut. Ini adalah hal tepat bagi saya dan kedua klub, sementara satu sisi dari saya merasa kesulitan untuk mengatakan itu telah berakhir, sisi lain mengatakan biarkan itu berakhir," jelas Szczesny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement