Sabtu 11 Nov 2017 02:18 WIB

Lawan Swedia, Penting Bagi Italia Raih Poin Tandang

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Agung Sasongko
Selebrasi pemain Italia saat mengalahkan tuan rumah Albania 1-0, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G di Stadion Loro Borici, Selasa (10/10) malam.
Foto: AP/Hektor Pustina
Selebrasi pemain Italia saat mengalahkan tuan rumah Albania 1-0, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G di Stadion Loro Borici, Selasa (10/10) malam.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Italia menjalani pertarungan sengit dengan Swedia dalam gelaran kualifikasi Piala Dunia 2018 di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Sabtu (11/11). Gli Azzurri akan menjalani play-off Piala Dunia pertama mereka sejak era Di Matteo dan rekan-rekannya menyingkirkan Rusia 2-1 secara agregat 20 tahun lalu di leg pertama dalam gelaran kick-off Piala Dunia.

Di Matteo menyebut grup yang dilalui Italia adalah grup yang sulit. Terlebih, Italia berhadapan dengan Spanyol yang selalu menjadi favorit. "Mereka mendapat sedikit kritik setelah itu (kalah dari Spanyol)," kata Di Matteo seperti dikutip dari Skysports.com, Sabtu (10/11).

 

"Dan kemudian dua pertandingan terakhir, tidak banyak yang bisa mereka lakukan. Mereka sedikit banyak tahu bahwa mereka akan finis kedua dan pergi ke babak play-off," kata Di Matteo menambahkan.

 

Dalam dua leg pertandingan play-off ini, mau tidak mau Italia harus menang agar bisa memastikan lolos bermain di Piala Dunia 2018. Menghadapi Swedia diakuinya memang berat. Namun, Di Matteo optimistis, tim besutan Gian Piero Ventura ini bakal menang.

 

"Saya ingat kami masuk dalam babak play-off di tahun '98 Tapi saya pikir mereka memiliki peluang untuk lolos," kata mantan pelatih Chelsea ini.

 

Tapi itu semua tidak akan berarti apa-apa jika Italia gagal mengalahkan tim Swedia yang mengalahkan Prancis di kandang dan menyelesaikan runner-up mengungguli Belanda di Grup A. Laju Swedia ini membuat leg pertama malam Jumat di Friends Arena sangat penting untuk menentukan negara mana yang sampai ke Piala Dunia.

 

"Ini adalah pertandingan yang sulit (imbang)," kata Di Matteo.

 

"Saya pikir dari empat tim, ini mungkin salah satu yang paling sulit. Ini adalah dua pertandingan dan saya pun tidak berpikir Irlandia Utara atau Republik Irlandia akan mudah," katanya menambahkan.

 

Dalam leg pertama ini, menurut Di Matteo, penting bagi Italia untuk memetik kemenangan tandang. Kedua negara kemudian akan bertemu lagi tiga hari kemudian di San Siro. Skuad Ventura harus memastikan agar Italia tetap tampil di setiap Piala Dunia selain tahun 1958.

 

Setelah kualifikasi yang tidak meyakinkan, bagaimanapun, keraguan telah meningkat di beberapa tempat tentang kesesuaian manajer Italia untuk peran tersebut. Kekalahan 3-0 dari Spanyol di Grup G adalah kekalahan pertama Italia dalam kualifikasi untuk kejuaraan besar sejak September 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement