Ahad 26 Nov 2017 10:34 WIB

Valencia Vs Barcelona, Kans Perpendek Jarak

Rep: Frederikus Bata/ Red: Elba Damhuri
Penyerang Valencia, Santi Mina (kanan) saat merayakan golnya ke gawang Espanyol
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Penyerang Valencia, Santi Mina (kanan) saat merayakan golnya ke gawang Espanyol

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA – Duel berkelas tersaji di ranah Spanyol pada awal pekan depan. Peringkat kedua La Liga, Valencia CF, bertemu sang raja sementara, Barcelona. Laga journada ke-13 kompetisi tertinggi tanah matador berlangsung di Stadion Mestalla, Senin (27/11) dini hari WIB.

Semangat berbeda ditunjukkan tuan rumah sejauh kampanye musim 2017/2018 berjalan. Sebelumnya, dalam dua tahun beruntun Valencia parktis berkutat di papan tengah. Kini Marcelino Garcia Toral membuat perbedaan.

Entrenador berusia 52 tahun itu memimpin Los Che meramaikan perburuan gelar. Rapor apik ditorehkan tim kelelawar sejauh ini. Geoffrey Kondogbia dan rekan-rekan baru saja meraih delapan kemenangan beruntun di kompetisi domestik

Ini modal berharga jelang duel keras kontra Barca. Sebelum melawan raksasa Katalan itu, Valencia sudah bertemu sejumlah elite lainnya. Hasilnya, duo Madrid bisa mereka imbangi.

Gelandang Els Taronges, Rodrigo Moreno, menilai ini kesempatan bagi timnya memangkas jarak. Valencia di kursi runner up tertinggal empat angka di belakang Blaugrana. Jika sanggup meraih kemenangan, selisih menipis menjadi sebiji angka.

"Kami berada dalam momen yang bagus, dan semua pemain harus percaya diri menghadapi mereka," ujar Rodrigo, dikutip dar Four Four Two, Sabtu (25/11).

Legenda Spanyol yang pernah berkostum kedua klub tersebut, David Villa, turut angkat bicara jelang laga ini. Sosok yang bermain di Liga Sepakbola Amerika Serikat (MLS) itu menilai Los Che punya kans meraih kemenangan. Selain memiliki tren bagus, Villa menyinggung kapasitas tim kelelawar sebagai tuan rumah.

Bermain di Mestalla menjadi kekuatan tersendiri. Pasalnya, dukungan para pemain ke-12 alias penggemar menjadi motivasi tersendiri. "Saya yakin ini membuat mereka sedikit unggul," kata Villa kepada Radio Valencia CF, dilansir dari Sports Mole.

Hanya saja, pada laga ini, Marcelino dilarang mendampingi anak asuhnya. Sang juru taktik mendapat hukuman karena protesnya yang berlebihan kepada wasit Alejandro Hernandez. Kala itu Rodrigo cs bertemu Espanyol.

Bek Jeison Murillo juga absen karena cedera. Ini sebuah kehilangan besar bagi tuan rumah. Pos pertahanan Valencia bakal diisi duet Gabriel Paulista dan Ezequiel Garay.

Beralih ke kubu Barca. Hingga pekan ke-12, raksasa Katalan belum pernah tumbang di La Liga. Statistik mencatat, Lionel Messi cs meraih 11 kemenangan dan sekali imbang.

Konsistensi demikian menjadi alarm bahaya untuk siapa saja. Pada tengah pekan lalu, Blaugrana telah memastikan diri melaju ke babak knock out Liga Champions Eropa. Hasil 0-0 kontra Juventus cukup untuk skuat polesan Ernesto Valverde melenggang.

Saat berjibaku di Turin, Valverde tidak memainkan Messi sejak awal. La Pulga diturunkan pada babak kedua guna menjaga pengusaan bola. Pesan lainnya ada big match versus Valencia yang juga butuh perhatian.

Secara khusus Messi dalam kondisi bagus. Sang predator baru meraih sepatu emas Eropa keempat kalinya. Hanya saja, Barca memiliki kekurangan jelang lawatan ke Mestalla.

Terkhusus di lini belakang, bek tengah Gerard Pique dipastikan absen karena larangan tanding. Pun demikian dengan Javier Mascherano yang masih dibekap cedera. Opsi pendamping Samuel Umtiti jatuh pada sosok Thomas Vermalen.

Vermalen belum pernah tampil membela Barca di kompetisi La Liga dan UCL musim ini. Kendati demikian, Valverde percaya kekuatan timnya adalah sebuah unit, bukan individu. "Kami memberi kesan tim yang solid," ujar eks arsitek Athletic Bilbao itu usai duel kontra Juve, dilansir dari Football Espana.

Dalam 10 pertemuan terakhir kedua kubu, Barcelona dominan. Tim tamu memenangkan enam laga, sementara Valencia unggul di dua partai. Sisanya berakhir imbang.

Prediksi Starting XI kedua kubu:

Valencia (4-4-2):

Kiper: Neto

Bek kiri, kanan: Gaya, Montoya

Bek tengah: Garay, Paulista

Sayap kiri, kanan: Guedes, Soler

Gelandang: Kondogbia, Parejo

Penyerang kiri, kanan: Moreno, Zaza

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Barcelona (4-4-2-):

Kiper: Stegen

Bek kiri, kanan: Alba, Semedo

Bek tengah: Umtiti, Vermaelen

Sayap kiri, kanan: Iniesta, Alcacer

Gelandang: Busquets, Rakitic

Penyerang kiri, kanan: Messi, Suarez

Head to Head enam pertemuan terakhir

20-03-2017 Barcelona 4-2 Valencia

22-10-2016 Valencia 2-3 Barcelona

18-04-2016 Barcelona 1-2 Valencia

11-02-2016 Valencia 1-1 Barcelona

04-02-2016 Barcelona 7-0 Valencia

06-12-2015 Valencia 1-1 Barcelona

(Pengolah: Abdullah Sammy).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement