Ahad 26 Nov 2017 13:41 WIB

Heynckes: Penampilan di Babak Pertama yang Buat Kami Kalah

Rep: Lintar Satria/ Red: Budi Raharjo
Pelatih Bayern Munchen, Jupp Heynckes
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pelatih Bayern Munchen, Jupp Heynckes

REPUBLIKA.CO.ID,MONCHENGLADBACH -- Kekalahan Bayern Muenchen dari Borussia Monchengladbach menjadi kekalahan pertama Jupp Heynckes sejak kembali memimpin Muenchen pada Oktober lalu. Kekalahan Muenchen 2-1 ini membuat peringkat kedua Bundesliga RB Leipzing semakin mendekati tim asuhan Heynckes tersebut.

Kini Muenchen memang masih berada di puncak klasemen dengan 29 poin. Tapi karena RB Leipzing menang 2-0 dari Werder Bremen maka selisih mereka dengan Muenchen hanya tiga poin. "Performa kami di babak pertama yang membuat kami kalah. Kami tidak cukup bekerja keras, kami terlalu lamban dan tidak menemukan ritme permainan," kata Heynckes, seperti dilansir dari ESPN, Ahad (26/11).

Gladbach mencetak gol lebih dulu lewat tendangan penalti Thorgan Hazard pada menit 39. Tendangan penalti tersebut terjadi karena Niklas Sule dianggap melakukan pelanggaran dengan menyentuh bola dengan tangannya. Lima menit kemudian Mathias Ginter mencetak gol kedua bagi Gladbach.

Ginter mendapatkan assist yang sangat mengancam dari Lars Stindl. Berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Sven Ulriech, dengan dingin Ginter berhasil memasukan bola ke gawang. "Secara taktik, Gladbach bermain dengan sangat cerdik dalam serangan balik dan kebobolan kedua kami terjadi pada beberapa saat sebelum istirahat yang mana cukup buruk bagi psikologi," kata Heynckes.

Ini menjadi kekalahan pertama dari 30 pertandingan terakhir Heynckes bersama Bayern Muenchen. Kekalahan Heynckes sebelum pertandingan terjadi pada tanggal 28 Oktober 2012 saat menghadapi Leverkusen. Saat itu Muenchen juga kalah 2-1.

Menghadapi Gladbach sebenarnya Muenchen memiliki banyak peluang. Dalam stasistik paska-pertandingan tercatat Muenchen memiliki 21 kesempatan mencetak gol. Sebelum Arturo Vidal pada menit 74 mencetak gol Mats Hummels sudah mendapat kesempatan mencetak gol di menit 65. Tapi tendangannya dihalau dengan baik oleh Yann Somer.

"Kami bertahan dengan baik menghadapi serangan baik dan kami memiliki banyak kesempatan mencetak gol, tapi seperti yang sudah saya katakan, kami kalah dalam pertandingan ini di babak pertama," tambah Heynckes.

Robert Lewandowski dan Kingsley Coman juga sempat menciptakan peluang mencetak gol di babak kedua. Tapi mereka gagal memaksimalkan kesempatan tersebut. Saat ini tercatat Muenchen sudah sembilan kali menang, dua kali seri dan dua kali kalah.

Mereka akan menghadapi Hannover pekan depan. Tapi sepertinya mereka harus kehilangan Juan Bernat dan James Rodriguez yang cedera saat menghadapi Gladbach. Rodriguez bertabrakn dengan Tony Jantschke pada menit 33. Pemain asal Kolombia tersebut sempat mendapat perawatan di lapangan. Tapi akhirnya dia digantikan pada babak kedua.

"Dia tidak tahu skor pada waktu istirahat. Karena itu, saya kira ia gegar otak. Tapi dokter harus memeriksanya dulu," kata Heynckes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement