Selasa 12 Dec 2017 11:03 WIB

Mohamed Salah Raih Gelar Pemain Terbaik Afrika Versi BBC

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Endro Yuwanto
Striker Timnas Mesir, Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai timnya memastikan diri lolos ke putaran utama Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kongo di laga kualifikasi Grup E di Stadion El Arab, Alexandria, Mesir, Ahad (8/10).
Foto: AP/Nariman El-Mofty
Striker Timnas Mesir, Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai timnya memastikan diri lolos ke putaran utama Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kongo di laga kualifikasi Grup E di Stadion El Arab, Alexandria, Mesir, Ahad (8/10).

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Pesepak bola Mesir Mohamed Salah memenangkan penghargaan bergengsi BBC African Player of the Year pada hari Senin (11/12) waktu setempat. Penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika itu diberikan kepadanya atas penampilannya yang cemerlang sepanjang 2017 baik itu di AS Roma, Liverpool, maupun tim nasional Mesir.

Pemain berusia 25 tahun itu menduduki puncak sebuah jajak pendapat dengan rekor suara terbanyak. Sebelumnya. ia telah membawa Mesir ke final Piala Afrika. Setelah itu, Salah juga menjadi bintang lapangan saat Mesir berhasil melaju ke Piala Dunia 2018 Rusia. Ini menjadi piala dunia pertama bagi Mesir sejak 1990 silam.

Salah menduduki peringkat lima sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim nasional Mesir. Dan ia juga menyumbang dua gol yang cukup dramatis saat melawan Kongo untuk memastikan tiket Mesir ke Piala Dunia 2018.

Di klub, Salah menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris dengan 13 gol. Ia juga mencatatkan 15 gol di semua kompetisi untuk klub Serie A Liga Italia, AS Roma pada 2017 sebelum pindah ke Merseyside.

"Saya sangat senang bisa memenangkan penghargaanini," kata Salah kepada BBC Sport seperti yang dilansir dari AS, Selasa (12/12). "Selalu ada perasaan spesial saat Anda memenangkan sesuatu. Saya merasa seperti mendapatkan tahun yang luar biasa, saya sangat senang."

Pemain yang dijuluki Messi-nya Mesir tersebut meraih penghargaan tersebut dengan menyingkirkan para bintang lainnya yang menjadi nominator. Ia juga menjadi orang Mesir ketiga yang memenangkan penghargaan tersebut.

Beberapa pemain lainnya yang masuk ke dalam nominasi yakni striker Borussia Dortmund asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, pemain RB Leipzig asal Guinea Naby Keita, sesama bintang Liverpool Sadio Mane dari Senegal, dan pemain sayap Chelsea asal Nigeria Victor Moses.

"Saya ingin menjadi orang Mesir terbaik, maka saya bekerja keras," kata Salah yang membantu Roma meraih poin terbaik yakni 87 poin saat berada di urutan kedua klasemen Serie A musim lalu. "Saya selalu mengikuti jalan saya sendiri dan saya ingin semua orang di Mesir mengikuti jalan saya."

Dengan demikian, Salah resmi bergabung dengan jajaran legenda Afrika, seperti duo Pantai Gading Didier Drogba dan Yaya Toure serta striker Liberia George Weah yang juga memenangkan penghargaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement