Kamis 07 Dec 2023 23:15 WIB

Salah Incar Gelar Ketiga Pemain Terbaik Afrika

Salah kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika bersama Hakimi dan Osimhen.

Mohamed Salah dari Liverpool masuk kandidat penerima penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2023.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Mohamed Salah dari Liverpool masuk kandidat penerima penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mohamed Salah akan mengincar hattrick penghargaan pemain terbaik Afrika setelah masuk dalam daftar kandidat tiga pemain untuk penghargaan tahun 2023 bersama Achraf Hakimi dan Victor Osimhen pada Kamis (7/12/2023). Tidak ada tempat bagi dua pemenang penghargaan sebelumnya, Sadio Mane dan Riyad Mahrez, yang pindah tahun ini untuk bermain untuk klub-klub di Arab Saudi.

Untuk penghargaan wanita, pemenang lima kali, Asisat Oshoala, bersaing dengan Thembi Kgatlana dan Barbra Banda.

Baca Juga

Konfederasi Sepak Bola Afrika mengumumkan para kandidat menjelang upacara penghargaan tahunan yang akan diselenggarakan pada Senin di Marrakech, Maroko.

Pemungutan suara dilakukan oleh komite teknis badan sepak bola Afrika, media, kapten dan pelatih tim nasional, serta klub-klub yang ikut serta dalam kompetisi kontinental, kata CAF.

Salah memenangi penghargaan Afrika secara beruntun pada 2017 dan 2018 sebelum rekan setimnya di Liverpool saat itu, Mane, memenangkan dua edisi berikutnya yang diberikan untuk tahun 2019 dan 2022. Salah adalah runner-up tahun lalu.

Bek kanan Paris Saint-Germain, Hakimi, merupakan pemain yang menonjol di tim Maroko yang mencapai semifinal Piala Dunia 2022.

Penyerang Nigeria, Osimhen, mencetak 26 gol untuk Napoli musim lalu, yang membawa klub tersebut meraih gelar Serie A pertamanya selama 33 tahun.

Sementara Mane mengalami musim pertama yang sulit di Bayern Munich dan absen di Piala Dunia bersama Senegal karena cedera, Mahrez masuk dalam skuat Manchester City yang memenangkan treble Liga Champions, Liga Primer Inggris, dan Piala FA.

Mahrez adalah pemain terbaik Afrika pada tahun 2016 ketika ia membantu Leicester memenangkan gelar Liga Primer Inggris yang menakjubkan.

Oshoalawon penghargaan pemain terbaik wanita Afrika kelima pada tahun 2022 dan kemudian membantu klubnya, Barcelona, memenangkan Liga Champions Wanita sebelum pergi ke Piala Dunia Wanita bersama Nigeria.

Kgatlana, yang bermain untuk Racing Louisville di Amerika Serikat, merupakan pemain andalan Afrika Selatan di Piala Dunia dan Banda menjadi kapten Zambia di turnamen yang dimainkan di Australia dan Selandia Baru.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement