Senin 05 Feb 2018 22:35 WIB

Sambangi Kemenpora, Owen Ingin Bangun Akademi di Jakarta

Michael Owen berencana membuka akademi sepak bola di Indonesia.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Mantan pemain timnas Inggris Michael Owen (kiri) saat berbincang dengan Sesmenpora Gatot Dewa Broto (kanan) di Kemenpora, Senin (5/2).
Foto: Republika/Bambang Noroyono
Mantan pemain timnas Inggris Michael Owen (kiri) saat berbincang dengan Sesmenpora Gatot Dewa Broto (kanan) di Kemenpora, Senin (5/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan pemain tim nasional Inggris Michael Owen berencana membuka akademi sepak bola di Indonesia. Owen mengungkapkan keinginannya tersebut saat menyambangi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin (5/2).

Owen memang sedang berada di Jakarta sejak akhir pekan lalu. Kedatangannya sekaligus untuk melakukan coaching clinic di salah satu sekolah sepak bola. 

Namun, dia juga berkunjung ke Kemenpora sebagai bagian dari rencananya untuk membangun akademi sepak bola bernama Michael Owen Football Center (MOFC). Mantan bintang Liverpool FC itu mengatakan, MOFC yang akan didirikan di Indonesia akan ditujukan khusus pemain belia. 

Ia mengatakan, kemajuan sepak bola di satu negara harus berawal dari pembibitan sejak usia dini. “Indonesia punya semangat sepak bola yang besar. Saya tahu itu. Itu pula salah satu alasan mengapa saya datang ke sini,” ujar Owen di Kemenpora, Jakarta, Senin (5/2). 

Kedatangan Owen ke Indonesia kali ini pun bukan yang pertama. Pada 2013, Owen pernah ikut dalam laga amal di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pengalamannya lima tahun lalu itu membuat dia takjub dengan antusias masyarakat Indonesia terhadap sepak bola. “Itu satu hal yang sangat positif dari Indonesia. Indonesia sangat haus akan sepak bola,” sambung dia. 

photo
Michael Owen (kiri) berebut bola dengan Bima Sakti pada laga amal, 2013 sllam. (Republika/Edwin Dwi Putranto)

Mantan pesepak bola 38 tahun itu pun mengetahui kabar tentang adanya sejumlah mantan pemain Liga Inggris yang saat ini merumput di Liga Indonesia. Menurut dia, hijrahnya pemain-pemain dari Liga Inggris ke Liga 1 merupakan bukti gairah tinggi sepak bola Indonesia.

Mengenai MOFC, Owen menerangkan akademi tersebut nantinya akan memberikan materi paling dasar dari sepak bola. Para pemain dalam akademi tersebut akan berlisensi yang berstandar liga-liga di Eropa. Menurut Owen, dengan adanya lisensi tersebut akan memberikan peluang bagi pesepak bola dari Indonesia punya kiprah di Eropa yang saat ini sebagai kiblat sepak bola dunia.

Selama di Kemenpora, Owen disambut oleh Sesmenpora Gatot Dewa Broto. Usai pertemuan tersebut, Gatot mengatakan pemerintah antusias dengan keinginan Owen membantu Indonesia mengembangkan sepak bola. 

Dia mengatakan, kedatangan Owen ke Jakarta dan membangun akademi sebagai bukti Indonesia punya potensi besar menjadi negara sepak bola. Gatot mengungkapkan, bukan hanya Owen yang saat ini bertandang ke Jakarta. 

Sebelum ini, sejumlah mantan pesepak bola besar dunia lainnya, juga pernah menyambangi Jakarta. Pada Maret 2018, dia mengatakan, David Beckham pun dijadwalkan akan tiba di Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement