Ahad 04 Mar 2018 21:52 WIB

Hormati Duka Fiorentina, Sejumlah Laga Serie A Ditunda

Derby antara AC Milan dan Inter Milan ditunda.

Davide Astori
Foto: EPA/Maurizio Degl' Innocenti
Davide Astori

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Kapten tim sekaligus pemain bertahan Fiorentina Davide Astori meninggal dunia akibat penyakit yang tiba-tiba dialaminya pada usia 31 tahun, demikian diumumkan klub Liga Italia itu.

Pengelola kompetisi Seri A mengumumkan bahwa semua pertandingan pada hari Ahad ditunda untuk menghormati kepergian Astori, termasuk laga "derby" antara AC Milan dan Inter Milan, serta antara Fiorentina melawan tuan rumah Udinese.

"Fiorentina dengan rasa bela sungkawa yang mendalam mengumumkan bahwa kapten David Astori meninggal dunia mendadak akibat suatu penyakit," demikian pernyataan klub Fiorentina.

"Karena situasi dahsyat dan rumit, dan di atas semuanya demi menghormati keluarganya, dikeluarkan himbauan agar semua pihak peka."

Sebelumnya media-media Italia melaporkan bahwa Astori ditemukan sudah tidak bernyawa di sebuah hotel di Udine, di mana Fiorentina rencananya akan berhadapan dengan Udinese di Dacia Arena pada Ahad malam.

Staf Fiorentina cemas ketika Astori tidak bergabung dengan rekan-rekan setimnya untuk sarapan sekitar pukul 9.30 pagi, demikian dilaporkan media lokal.

Astori, yang menjalani musim kesepuluhnya sebagai pemain di Liga Italia dan telah mencatatkan 289 penampilan di divisi teratas, bergabung dengan Fiorentina sebagai pemain pinjaman pada Agustus 2015 dan klub itu kemudian mengontraknya setahun kemudian. Sebelumnya ia enam musim bersama Cagliari dan semusim dipinjamkan ke AS Roma.

Ia tercatat 14 kali tampil untuk timnas Italia pada 2012-2017, dan merupakan anggota skuad pada Piala Konfederasi 2013, di mana Italia finis di peringkat ketiga.

"Ini terlihat mustahil. Saya masih tidak percaya dan saya menangis dengan keluarganya dan segenap Fiorentina. Selamat jalan kapten," kata mantan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi.

Pada pengumuman mengenai penundaan pertandingan-pertandingan Minggu, pengelola Liga Italia berkata, "Terkejut oleh berita tragis, segenap keluarga Liga Italia bersatu di sekeliling keluarga Davide Astori dan Fiorentina FC."

Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso telah meminta agar seluruh pertandingan ditunda sebelum pengumuman resmi dirilis.

"Saya tidak dapat memikirkan derby setelah tragedi seperti itu," ucapnya melalui Twitter.

Tim-tim telah berada di lapangan dan melakukan pemanasan untuk pertandingan siang hari antara Genoa dan Cagliari, ketika muncul berita mengenai wafatnya Astori.

Para penggemar bertepuk tangan ketika foto Astori ditayangkan di layar stadion dan terdiam ketika diumumkan bahwa pertandingan itu tidak jadi dimainkan.

Klub-klub Liga Italia dan Eropa lainnya serta puluhan pemain telah mengirimkan pesan bela sungkawa serta federasi-federasi seperti badan sepak bola Eropa UEFA dan badan sepak bola dunia FIFA, serta persatuan pemain sepak bola profesional FIFPro.

"Pada tragedi yang terjadi pada hari ini, Juventus mengekspresikan rasa duka cita mendalamnya untuk keluarga Davide Astori dan Fiorentina," kata juara bertahan Liga Italia Juventus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement