Kamis 12 Apr 2018 16:47 WIB

18 Tim Siap Bersaing di Tour de Lombok Mandalika

Tour de Lombok Mandalika akan terbagi dalam tiga rute

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Sejumlah pembalap memulai start etape pertama Tour De Lombok Mandalika 2017 di Mataram, NTB, Kamis (13/4).
Foto: Antara
Sejumlah pembalap memulai start etape pertama Tour De Lombok Mandalika 2017 di Mataram, NTB, Kamis (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata NTB akan kembali menggelar ajang bersepeda, Tour de Lombok Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, Tour de Lombok Mandalika akan dimulai pada Jumat (13/4) besok hingga Ahad (15/4).

"Kegiatan ini akan diikuti oleh 18 tim dari 24 negara, dan akan memperebutkan juara dengan total hadiah sebesar Rp 300 juta," ujar Faozal saat jumpa pers Tour de Lombok Mandalika di Mataram, NTB, Kamis (12/4)

Faozal menyebutkan, Tour de Lombok Mandalika akan terbagi dalam tiga rute. Untuk rute pertama sejauh 84,4 kilometer (Km) akan mengambil titik start di KEK Mandalika dan berakhir di Kantor Gubernur NTB. Rute kedua menempuh jarak 173,4 Km, dari Komplek Islamic Center NTB di Mataram dan berakhir di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Untuk rute ketiga, titik start dan finish berada di Lapangan Sangkareang, Mataram, dengan jarak tempuh 170 Km.

"Sejumlah persiapan telah dilakukan sehingga acara bisa berlangsung dengan lancar dan sukses," ucap Faozal.

Selain diikuti pesepeda dari tim nasional Indonesia, sejumlah peserta yang pernah ikut dalam Tour de Lombok Mandalika tahun lalu juga akan kembali mengikuti ajang ini.

"Ini menunjukkan, rute yang ditawarkan di Lombok cukup menarik dan menantang bagi para peserta," ungkap Faozal.

Faozal menambahkan, Tour de Lombok Mandalika tak sekadar menjadi ajang olahraga semata, melainkan sarana yang tepat bagi promosi wisata Lombok.

Lombok sendiri sedang gencar-gencarnya menggelar ajang wisata olahraga atau sport tourism karena memiliki potensi keindahan alam yang istimewa.

"Ini bagian promosi pariwisata kita kepada wisatawan. Harapannya tentu akan semakin banyak wisatawan yang datang," kata Faozal menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement