Sabtu 02 Jun 2018 06:06 WIB

Bukan Pochettino, Ini Pelatih yang Diinginkan Fan Madrid

Zinedine Zidane memutuskan mundur dari kursi kepelatihan Real Madrid pada Kamis.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola.
Foto: EPA/Nigel Roddis
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Manager Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino mungkin menjadi yang terdepan untuk menggantikan Zinedine Zidane di Real Madrid. Namun tenyata, pelatih Juergen Klopp menjadi pilihan utama para fan Madrid.

Menyusul pengunduran diri Zidane dari jabatan pelatih Madrid, pada Kamis (31/5), AS menggelar polling untuk mengetahui opini fan Madrid soal siapa yang tepat menggantikan Zidane. Hasilnya, Klopp menjadi yang teratas dengan raihan 40 persen atau dipilih oleh 120 ribu fan Madrid. Klopp mengalahkan Pochettino (34 persen), Joachim Loew (15 persen) dan Arsene Wenger (9 persen).

Ini bukan kali pertama, Klopp dikaitkan dengan kursi kepelatihan Madrid. Pada 2013, sempat ada pembicaraan antara pihak klub dan Klopp saat dia masih menjadi manajer Borussia Dortmund. Saat itu, Klopp berkomentar, "Saya tidak punya waktu untuk Real Madrid."

Tidak mudah bagi Madrid jika menginginkan jasa Klopp melatih di Bernabeu. Pertama, Klopp terikat kontrak di Liverpool hingga 2022. Kedua, Klopp tengah menjalani rencana musim depan di mana ia baru saja mendapatkan Fabinho dari AS Monaco dan menunggu kedatangan Naby Kieta dari RB Leipzig.

CV Klopp sebagai pelatih memang sepertinya cocok untuk Madrid. Klopp terbilang masih muda sebagai pelatih dan pada saat yang sama memiliki pengalaman di dua liga besar di Eropa (Bundesliga dan Liga Primer Inggris). Dia paham bagaimana melatih tim yang berkompetisi baik di liga lokal dan kompetisi eropa. Klopp pun memiliki kemampuan menangani pemain bintang dan memiliki preferensi gaya permainan menyerang.

Pada 2008, Klopp meninggalkan Mainz untuk melatih Dortmund yang nyaris bangkrut. Melatih tim dengan banyak pemain tua, Klopp memimpin Dortmund bersaing dengan Bayern Muenchen. Klopp berhasil meraih dua gelar Bundesliga, satu Piala Jerman dan Dua Piala Super Jerman hanya dalam kurun empat tahun menangani Dortmund.

Di Liga Champions, Dortmund pernah nyaris menjadi juara pada 2013 sebelum gol telat Arjen Robben menggagalkan Klopp mengangkat trofi Si Kuping Besar. Klopp kemudian bergabung dengan Liverpool pada 2015. Setahun melatih the Reds, kontrak Klopp langsung diperpanjang hingga 2022. Musim ini, Klopp membawa Liverpool ke final Liga Champions meski akhirnya tumbang dari Real Madrid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement