Kamis 04 Oct 2018 07:05 WIB

Arsenal Minus Sejumlah Pemain Lawan Qarabag

Mkhitaryan sebagai warga Armenia dilarang memasuki wilayah Azerbaijan.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Unai Emery
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Unai Emery

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal tidak akan diperkuat beberapa pemain kunci mereka saat bertandang ke markas Qarabag pada laga Liga Europa, Kamis (4/10). Aaron Ramsey, Pierre-Emerick Aubameyang, Petr Cech dan Henrikh Mkhitaryan adalah nama-nama yang dikonfirmasi sang pelatih Unai Emery bakal absen.

Mkhitaryan sebagai warga Armenia dilarang memasuki wilayah Azerbaijan karena konflik Nagorno-Karabakh. Sedangkan Aubameyang sedang sakit dan Ramsey ditinggal karena kelahiran anaknya. Petr Cech yang juga absen karena cedera hamstring. Ini mengharuskan Emery untuk memilih antara Bernd Leno dan Emiliano Martinez pada laga nanti.

"Mkhitaryan tidak bisa bermain besok. Aubameyang sakit, dia tidak bisa bermain. Aaron bertanya padaku apakah dia bisa tinggal di London karena istrinya hamil dan mereka menunggu (bayinya)," kata eks pelatih Sevilla itu pada konferensi pers yang dikutip dari Four Four Two, Rabu (3/10).

Emery enggan menjelaskan secara detail tentang Mkhitaryan yang tidak ikut bertolak ke Baku. Gelandang the Gunners itu juga pernah melewatkan pertandingan ke Azerbaijan  saat masih memperkuat Borussia Dortmund pada 2015 karena hal yang sama.

"Pekerjaan saya adalah sepak bola. Saya menghormati setiap orang, setiap budaya, setiap negara, tetapi saya tidak tahu setiap situasi di setiap negara. Bagi saya, dia tidak bisa bermain besok dan saya menghormati Miki dan untuk Anda,” kata dia.

Pelatih Qarabag, Gurban Gurbanov, mengerti dengan kondisi Mkhitaryan yang bisa saja jadi sasaran penggemar tuan rumah. Seandainya ia memutuskan ikut, ia juga bukan olahragawan Armenia pertama yang datang ke Azerbaijan. Namun, ia tetap menghormati keputusan Arsenal untuk tidak membawanya.

"Arsenal mungkin takut bahwa di depan 60 ribu penggemar Azerbaijan, Mkhitaryan akan mendapatkan beberapa tekanan dan itulah mengapa mereka tidak mengirim Mkhitaryan," kata Gurban.

Mengingat Baku juga akan menjadi tuan rumah pada final Liga Eropa 2018-19, spekulasi keikutsertaan Mkhitaryan kembali dipertanyakan. Menanggapi hal tersebut, Emery hanya mengatakan bahwa hari itu masih sangat lama, dan ia hanya ingin menikmati pertandingan besok hari.

Meskipun harus menempuh perjalanan jauh, Emery tidak mau hal itu menjadi alasan anak asuhnya untuk tidak menang. Menurutnya Qarabag tampil baik meskipun kalah 0-2 dari Sporting CP.

"Kami memiliki banyak rasa hormat untuk Qarabag. Mereka memulai dengan penampilan yang bagus melawan Sporting CP. Mereka kalah 0-2 tetapi itu adalah penampilan yang bagus,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement