Senin 26 Nov 2018 04:52 WIB

Leg Kedua River vs Boca Ditunda

Leg kedua semula dijadwalkan kemarin, Ahad (25/11).

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko
Pendukung River Plate bentrok dengan pihak keamanan jelang final Copa Libertadores.
Foto: AP Photo/Sebastian Pani
Pendukung River Plate bentrok dengan pihak keamanan jelang final Copa Libertadores.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Pertandingan final leg kedua Copa Libertadores antara River Plate melawan Boca Juniors tampaknya akan molor cukup lama. Leg kedua semula dijadwalkan kemarin, Ahad (25/11) di markas Los Millonarios, di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Belgrano, Kota Buenos Aires.

Tapi saat tim tamu Boca Juniors hendak menuju kandang River, sekelompok suporter tuan rumah melempari bus sehingga beberapa pemain mengalami luka-luka. Pertandiangan pun langsung dibatalkan sementara sampai pihak Federasi Sepak Bola Amerika Selatan melakukan rapat mendadak untuk penentuan jadwal baru.

Dikutip dari Four Four Two, Senin (26/11), kemungkinan laga tunda akan dilaksanakan pada awal Desember nanti tepatnya pada Sabtu (8/12). Pihak keamanan di Kota Buenos Aires tidak mampu menjamin keamanan pelaksanaan leg kedua ini karena mereka juga terfokus untuk acara KTT G20.

"Dengan adanya KTT G20 di Buenos Aires, leg kedua final Copa Libertadores kemungkinan akan molor sampai 8 Desember," begitu informasi yang dibeberkan Four Four Two.

Pelatih Boca Juniors Guillermo Barros Schelotto menyambut baik, dengan rencana penundaan ini. Menurut dia, para pemain tim berjuluk Xeneizes  tidak nyaman bertanding bila pihak keamanan tidak mampu menangani kebrutalan suporter River Plate.

Awalnya kata Schelotto, Carlos Tevez dan kawan-kawan sangat siap bertarung di markas lawan. Sebenarnya Boca di bawah tekanan karena laga pertama di markas mereka berakhir dengan kedudukan sama kuat 2-2. Artinya River memiliki keunggulan gol tandang.

Namun dengan adanya tindakan tidak sportif dari oknum suporter River membuat para pemain La Mitad Más Uno enggan bertanding kalau tidak ada jaminan keamanan.

"Laga ini memang layak ditunda. Jelas kami dirugikan akibat insiden ini," ujar Schelotto.

Federasi Conmebol diketahui sedang melakukan rapat di markasnya di Kota Asuncion, Paraguay. Mereka ingin lanjutan final dapat dilaksanakan di awal Desember ini supaya klub yang menjadi juara tetap bisa mendaftar untuk pelaksanaan Piala Dunia Antarklub tahun ini.

Pertemuan antara River Plate dengan Boca Juniors memang sarat dengan tensi tinggi. Kedua tim sekota ini punya rivalitas yang dibumbui perbedaan golongan di masyarakat. Laga ini dilabeli dengan Super Clasico di mana panasnya rivalitas kedua tim tidak kalah dengan El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona di Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement