Kamis 28 Mar 2019 16:53 WIB

Alasan MU Angkat Solskjaer Jadi Pelatih Tetap

Manchester United (MU) akhirnya mengangkat Solskjaer menjadi pelatih tetap.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer
Foto: AP Photo/Francois Mori
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --Manchester United akhirnya menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih tetap. Sebelumnya, Solskjaer ditunjuk menjadi pelatih interim untuk mengisi kekosongan yang ditinggal Jose Mourinho pada 19 Februari 2018.

Sejak saat itu, pelatih asal Norwegia tersebut membuktikan dirinya layak menangani klub sekelas Manchester United. Solskjaer, mampu memenangkan delapan pertandingan pertamanya, dan memberikan 14 kemenangan dan dua kali imbang dalam 19 pertandingan. MU yang terseok-seok di awal musim, kemudian menjadi klub paling banyak mengoleksi poin di Liga Inggris sejak ditangani Solskjaer.

''Sejak datang sebagai caretaker pada Desember, hasil yang diberikan Ole membuktikan segalanya,'' ujar bos Manchester United Ed Woodward, dikutip dari laman resmi klub, Kamis (28/3).

Woodward menyatakan, penunjukan Solskajer sebagai pengganti Mourinho itu juga tidak semata-mata karena penampilan tim dan hasil. Ia menyatakan, pelatih yang telah tampil sebanyak 366 penampilan untuk United itu telah membawa pengalaman yang luar biasa kepada pemain dan sebagai pelatih. Selain itu, lanjut Woodward, Solskjaer juga memberikan kesempatan kepada pemain muda dan memahami budaya klub dengan sangat baik.

''Ini berarti dia adalah sosok yang tepat untuk membawa Manchester United ke depan,'' ujar Woodward.

Woodward juga mengucapkan terima kasih kepada tim pelatih untuk segala yang mereka lakukan sejauh ini, serta mengucapkan selamat kepada Solskjaer atas penunjukan tersebut. Ia juga memastikan, baik fan maupun semua orang yang ada di klub berada di belakangnya untuk membawa MU ke tempat yang semestinya dan kembali mencetak sejarah untuk klub.

Bersama United, Solskaer telah mencetak 126 gol dari 366 laga antara tahun 1996 dan 2007. Ia juga pernah menjadi tim pelatih MU hingga akhir 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement